Gelar Kongres Februari 2023, PB SEMMI Siap Amankan Pemilu

Pra Kongres PB SEMMI/Ist
Pra Kongres PB SEMMI/Ist

Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) baru menyelesaikan Rapat Pleno dan Konsolidasi Pra Kongres SEMMI di Jakarta.


Pleno dan Pra Kongres yang dilaksanakan di Jakarta Selatan telah menyepakati beberapa keputusan strategis menjelang Kongres PB. SEMMI, salah satunya menetapkan Kota Surabaya sebagai lokasi pelaksanaan Kongres SEMMI.

Ketua Umum PB SEMMI Bintang Wahyu Saputra mengucapkan syukur Pleno dan Pra Kongres yang dilaksanan secara Hybrid, Daring dan Luring telah menetapkan Surabaya sebagai lokasi pelaksanaan Kongres SEMMI pada 23-26 Februari 2023 mendatang. 

"Dengan begitu sebagai tuan rumah adalah Pengurus Wilayah SEMMI Jawa Timur. Selain itu forum pleno menetapkan saudara Fikri Firdauzi sebagai Koordinator SC Kongres dan Hengky Primana sebagai Ketua Panitia atau OC Kongres," ujar Bintang Wahyu Saputra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/11).

Dalam sambutan saat membuka Pleno dan Pra Kongres, Bintang menyampaikan harapannya kepada peserta Pleno dan Pra Kongres yang diikuti 200 Pengurus Cabang dan 30 Pengurus Wilayah SEMMI se-Indonesia ditambah perwakilan Pengurus Cabang Istimewa Luar Negeri dari Turki, Malaysia dan lainnya.

“Harapan saya SEMMI semakin berkontribusi pada pembangunan kemanusiaan dan diperhitungkan sebagai entitas organisasi kemahasiswaan," tambah Bintang.

Bintang melanjutkan Kongres yang mengusung tema spirit kolaborasi mahasiswa dalam menyongsong Indonesia bangkit lebih kuat diharapkan dapat terlaksana dengan baik, murni dengan tetap menjaga nilai-nilai kemahasiswaan sebagai agen perubahan dan sosial kontrol. 

Ia ingin sebagai Ketua Umum PB. SEMMI bisa memberikan legacy yang baik kepada pengurus PB. SEMMI hasil Kongres Surabaya nanti. 

“Kita sama-sama tahu, 2023 adalah tahun politik dimana objektif nasional dipenuhi dengan dinamika politik yang tinggi. Mari kita jaga marwah organisasi dengan menjadikan Kongres sebagai ajang silaturahmi sekaligus konsolidasi organisasi. Kongres adalah forum tertinggi organisasi harus kita jaga tidak boleh ada perpecahan atas nama dinamika organisasi," terang dia.

Ia menegaskan kepada siapapun nanti yang maju menjadi bakal calon Ketua Umum PB SEMMI dirinya berharap tidak membawa agenda pecah belah organisasi apapalagi membawa agenda kekuatan politik tertentu. 

Bintang menegaskan di tubuh SEMMI tidak ada tempat untuk orang-orang yang datang ke kongres dengan membawa agenda tersembunyi.

“Tidak ada tempat bagi mereka yang membawa agenda politik tertentu, SEMMI harus menjadi cooling system pada Pemilu mendatang dan selalu siap menjaga Kamtibmas pada 2024 nanti,” pungkasnya.[]