Gelar Kursus Bahasa Jepang Gratis, PKS Jakarta Tingkatkan Daya Tawar Pekerja Migran Ibu Kota  

Ketua Bidang Ketenagakerjaan (Bidnaker) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Nur Rochim/Ist
Ketua Bidang Ketenagakerjaan (Bidnaker) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Nur Rochim/Ist

Keterampilan berbahasa asing sangat dibutuhkan dalam menyikapi persaingan pasar global dunia. Pekerja migran pun didorong untuk meningkatkan daya tawar.


Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Ketenagakerjaan (Bidnaker) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Nur Rochim dalam kegiatan Kelas Perdana Kursus Bahasa Jepang Level Dasar Gratis.

Di hadapan lebih dari seratus peserta kursus, Nur Rochim menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian PKS dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Ibu Kota.

Ia juga menggaris bawahi tentang peranan pekerja migran sebagai salah satu aset terbesar bangsa Indonesia. 

"Pekerja migran memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap devisa negara, bahkan pada saat negara mengalami masalah ekonomi akibat pandemi beberapa tahun lalu," ujarnya seperti dikutip redaksi, Senin (26/9).

"Oleh karena itu, peningkatan skill terutama bahasa terutama bagi para calon pekerja migran merupakan suatu hal yang sangat penting," sambung Nur Rochim.

Kursus gratis yang diselenggarakan Bidnaker PKS Jakarta secara virtual tersebut menghadirkan dosen, pengajar Bahasa Jepang Sensei Edison, yang tidak hanya mampu menyampaikan materi secara interaktif namun juga merupakan sosok yang inspiratif.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Buruh Migran Sahabat Indonesia dilaksanakan pada Sabtu kemarin (24/9) sejak pukul 08.00-11.00 WIB. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz dan Ketua Departemen Media dan Migrant Care DPW PKS Jakarta.[]