Genjot Imunisasi, Puskesmas Kelapa Gading Buka Pos BIAN di Dua Mal

Ilustrasi imunisasi/Ist
Ilustrasi imunisasi/Ist

Pemerintah Kota Jakarta Utara menghadirkan Pos Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di dua mall, yakni Mall Of Indonesia (MOI) dan Mall Kelapa Gading (MKG), mulai Senin (8/8).


Langkah yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading ini untuk menarik perhatian para orang tua dan juga memudahkan akses bagi anaknya yang ingin mendapat imunisasi. 

"Ini suatu kolaborasi, memudahkan masyarakat mengakses layanan BIAN di area publik," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, dr Firda Tania saat dikonfirmasi. 

Nantinya, seluruh pengunjung dapat memanfaatkan layanan imunisasi bagi anak usia 9 hingga 59 bulan pada kedua Pos BIAN tersebut. 

Untuk Pos BIAN di MOI, berada di lantai dua tepatnya di samping Kidz Station, sedangkan POS BIAN di MKG berada di lantai dua samping tenan Zoomoov. 

Firda menyebut, kedua Pos BIAN dibuka mulai Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 13.00 WIB. 

"Untuk Pos BIAN di MOI berlangsung selama lima hari sampai Jumat (12/8), sedangkan Pos BIAN di MKG yang awalnya berencana selama tujuh hari sampai Minggu (14/8) diperpanjang hingga Rabu (31/8) termasuk hari libur," kata Firda. 

Adapun persyaratan mendapat imunisasi, setiap orang tua wajib membawa salinan Kartu Keluarga (KK) dan membawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Layanan imunisasi di kedua pos BIAN tersebut tidak terbatas domisili atau tempat tinggal anak. 

"Pos BIAN dikedua mall ini melayani imunisasi Campak Rubella pada anak usia sembilan bulan sampai dengan 59 bulan, dan imunisasi kejar meliputi Oral Polio Vaccine (OPV), Inactivated Polio Vaccine (IPV), dan DPT-HB-Hib pada anak usia dua belas bulan sampai dengan 59 bulan," tutupnya.[]