Godok Revisi Perda Covid-19, DPRD DKI Targetkan Rampung Akhir Bulan

Wakil Ketua DPRD DKI, Mohammad Taufik/lst
Wakil Ketua DPRD DKI, Mohammad Taufik/lst

DPRD DKI Jakarta resmi menerima usulan perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 dalam rapat paripurna yang digelar Rabu kemarin (21/7).


Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menjelaskan, karena keadaan yang mendesak maka proses perubahan Perda juga akan dikebut dan dipersingkat. 

Proses revisi Perda kali ini tidak ada penyampaian pendapat umum dari tiap Fraksi dan Jawaban Gubernur serta melainkan langsung dilakukan pembahasan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). 

“Bapemperda DPRD DKI bersama eksekutif terkait akan segera mencermati dan menyampaikan hasilnya pada Paripurna, Kamis 29 Juli 2020 pukul 10.00 WIB,” kata Taufik seperti dikutip redaksi, Kamis (22/7). 

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan beberapa alasan perlunya dilakukan revisi Perda. 

Menurutnya, meskipun sudah ada sanksi administrasi dan kerja sosial, nyatanya masih banyak masyarakat yang belum jera dan kembali melanggar aturan dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Ibu kota. 

Atas dasar hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta mengajukan usulan perubahan Perda Covid-19 nomor 2 tahun 2020 untuk di revisi dengan ditambahkan sanksi pidana. []