Groundbreaking Proyek MRT Tomang-Medan Satria Agustus 2023

MRT Jakarta/Net
MRT Jakarta/Net

Proyek MRT Fase Barat-Timur dijadwalkan mulai dilaksanakan tahun depan. Hal ini dilakukan seiring komitmen Pemerintah Jepang dan Inggris dalam pengembangan trayek MRT Jakarta.


Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Andriansyah mengatakan, pengembangan MRT Jakarta fase Barat-Timur akan dilakukan groundbreaking pada Agustus 2023 nanti.

“Ground breaking direncanakan pada Agustus 2023 dan pembangunannya direncanakan tuntas pada tahun 2026,” tulis Afan melalui akun Facebook-nya, dikutip Sabtu (19/11).

Menurut Afan, penandatanganan MoU Pemerintah RI dengan Pemerintah Jepang itu dilakukan dalam rangka Pembangunan MRT East-West Fase 1 yang akan menghubungkan Tomang-Medan Satria sepanjang 24,5 km.

“Fase 1 ini merupakan tahapan pertama dari keseluruhan alignment sepanjang 84 km yang akan menghubungkan Balaraja-Cikarang,” kata Afan.

Selain penandatanganan MoU dengan Pemerintah Jepang, lanjut Afan, dilakukan juga penandatanganan MoU Pemerintah Inggris terkait dengan MRT East-West; dan dengan Pemerintah Korea Selatan terkait Pembangunan MRT Fase 4 (Fatmawati-TMII).

”Besar harapan semoga pembangunan beberapa infrastruktur transportasi tersebut dapat mengakselerasi pencapaian moda share pengguna angkutan umum massal sebesar 60% pada tahun 2030, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi DKI Jakarta,” demikian Afan. []