Gubernur Banten Kagum Siswa SMK Di Pandeglang Ciptakan Mobil Listrik

Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau perakitan mobil listrik di SMK 4 Pandeglang/Net
Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau perakitan mobil listrik di SMK 4 Pandeglang/Net

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mendukung penuh karya, inovasi serta kreativitas pelajar SMK Negeri 4 Pandeglang merakit mobil listrik dengan kecepatan 40 kilometer per jam dan mampu menerabas jalan di perbukitan.


Hal itu disampaikan WH saat meninjau ruang praktik otomotif SMKN 4 Pandeglang, Selasa (2/3).

"Saya langsung melihat hasil karya Anak SMKN 4 Pandeglang yaitu mobil listrik. Saya mengapresiasi dan memberikan motivasi agar terus dikembangkan dan hasilnya bisa mengharumkan dan membanggakan Banten," kata WH dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Atas kreasi siswa-siswa SMK itu, WH berharap kendaraan tersebut bisa diuji coba untuk dikembangkan lanjut dan nantinya mampu menembus pasar.

Mantan Wali Kota Tanggerang itu menerangkan, pendidikan era sekarang ini harus jadi prioritas untuk mengembangkan wawasan anak bangsa, tanpa pendidikan warga tidak bisa berkompetesi.

"Tanpa pendidikan, kita tidak akan maju, membangun semua peradaban baru dengan teknologi yang didapatkan dari pendidikan," kata WH.

Selain itu, WH meminta orang tua siswa untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan.

"Peran para orang tua dan para guru sangat penting dalam mengembangkan kreatifias anak anak," jelasnya.

Sementara, Kepala sekolah SMKN 4 Pandeglang, Suhali menambahkan siswa SMKN 4 Pandeglang saat ini terus berinovasi untuk menghasilkan karya bahkan sedang belajar energi baru terbarukan dari sinar matahari untuk dikonversi menjadi energi listrik.

"Jadi, energi ini mampu menjadi penggerak kendaraan, pompa air petani, motor penggerak bagi nelayan, serta untuk penerangan," pungkas Suhali. []