Hari Bhakti Adhyaksa, Berkarya untuk Bangsa Mewujudkan Indonesia Maju, Makmur, Sejahtera, Aman, Adil, Damai Sentosa

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/Net
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/Net

KAMIS, 22 Juli 2020, kita bangsa Indonesia khususnya insan Adhyaksa, tengah bersuka cita memperingati kembali Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-61.


Bukan hanya menginspirasi seluruh bangsa di NKRI, tema besar "Berkarya Untuk Bangsa" yang diusung Korps Adhyaksa dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini, juga semakin menggelorakan semangat pengabdian tiada henti anak-anak bangsa direpublik ini, untuk terus memberikan sumbangsih terbaik bagi negara dan tanah air tercinta.

Diusianya yang semakin matang, eksistensi dan dedikasi segenap insan Korps Adhyaksa sebagai alat negara yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk bertindak sebagai penuntut umum dan satu-satunya pelaksana putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (executive ambtenaar), dapat kita rasakan dan lihat dari capaian kinerja Korps Adhyaksa.

Sebagai pengendali proses perkara (dominus litis), Kejaksaan memiliki peran sentral dalam penegakan hukum di republik ini, mengingat hanya institusi Kejaksaan yang dapat menentukan bisa tidaknya suatu kasus diajukan ke pengadilan, berdasarkan alat bukti yang sah menurut hukum acara pidana.

Kami sangat bersyukur sejak awal KPK berdiri, Kejaksaan Agung Republik Indonesia telah mengirimkan putera puteri terbaik Korp Adhyaksa yang menjiwai 'Ruh' Trapsila Adhyaksa, untuk maju bersama insan KPK dan segenap elemen bangsa antikorupsi, dalam perang badar memberantas korupsi dan perilaku koruptif yang telah berurat akar di bumi pertiwi.

Kami yakin seyakin-yakinnya, Ruh Satya (kesetiaan bersumber pada kejujuran), Adi (kesempurnaan dalam bertugas) dan Wicaksana (bijaksana) sebagai cerminan dari Trapsila Adhyaksa, telah mengisi relung hati dan jiwa hingga mendarah daging dalam diri setiap insan Adhyaksa yang dipilih dan terpanggil untuk menjadi bagian dari KPK.

Insan Korps Adhyaksa yang memiliki integritas dan menjunjung tinggi nilai-nilai Trapsila Adyaksa, tentunya akan bekerja profesional dan menjaga marwah Adhyaksa dimanapun mereka bertugas, khususnya di KPK.

Sudah tidak terhitung lagi, insan KPK yang berasal dari Korps Adhyaksa, tampil terdepan saat menangani kasus korupsi, kejahatan kemanusiaan yang penuh risiko bukan hanya bagi dirinya namun juga keluarga dan sanak famili di rumah.

Kami tegaskan, risiko seberat apapun tidak akan mengendurkan apalagi menghentikan derap langkah dan semangat juang kami yang didukung oleh segenap rakyat Indonesia, untuk menumpas habis korupsi serta perilaku koruptif dari NKRI.

Segala bentuk risiko bahkan mungkin kematian, akan kami terima ikhlas dengan kerelaaan luas biasa sebagai bagian dari ikhtiar kami dalam jihad melawan korupsi dan perilaku koruptif, yang terlanjut menggurita di republik ini.

Sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia, KPK sadar tidak mungkin dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas dan kewajibnya berdasarkan UU maupun peraturan yang berlaku.

Peran serta dan sinergitas seluruh eksponen bangsa antikorupsi, khususnya lembaga penegak hukum, salah satunya Korps Adhyaksa, mutlak dibutuhkan KPK

Impian besar Indonesia bebas dari korupsi  akan jauh dari kenyataan tanpa keringat, darah dan air mata, tekad serta kerja keras bersama seluruh anak bangsa di republik ini, agar cita-cita besar dan utama negara akan tegaknya keadilan, meningkatnya kesejahtetaan umum dalam kehidupan bangsa yang cerdas, dapat terwujud bagi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia, dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote.

Kembali ke peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61, kami sangat mengapresiasi kebijakan Jaksa Agung terkait perayaan hari bersejarah Korps Adhyaksa yang diisi dengan aksi kegiatan antikorupsi, di antaranya dengan melakukan penandatanganan pakta integritas dan komitmen bersama kejaksaan menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) tahun 2021, diberbagai wilayah.

Hal ini jelas menunjukkan totalitas pengabdian Korps Adhyaksa bagi NKRI dengan semangat antikorupsi, untuk bersama-sama memperbaiki tatanan kehidupan berbangsa di negeri ini, yang harus kita akui masih dibayang-bayangi oleh laten korupsi.

Terakhir izinkan kami berpantun

Kumandang Takbir, Pertanda Idul Adha

Mari Berkurban 'Tuk Berbagi Antar Sesama.

Semangat Antikorupsi, Meriahkan Hari Bhakti Adhyaksa

Berkarya Untuk Bangsa, Wujudkan Indonesia Sejahtera, Indonesia Maju, Indonesia Makmur, Indonesia Adil, Aman, Damai Sentosa.

Dirgahayu Kejaksaan Republik Indonesia. Terima kasih atas seluruh pengabdian, selamat merayakan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61, semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan dalam pengabdian kita kepada rakyat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. []

Firli Bahuri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)