Hari Ini, Giliran Pengurus DPP PDIP Datang ke KPK

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati/Ist
Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati/Ist

Sempat meminta ditunda, pengurus DPP PDI Perjuangan akan mendapatkan pembekalan antikorupsi dalam acara Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati mengatakan, KPK kembali akan menggelar kegiatan pembekalan antikorupsi bagi para pengurus partai politik (Parpol), baik di pusat maupun daerah.

"Untuk jajaran pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Senin, 27 Juni 2022 bertempat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB," ujar Ipi kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Pengurus PDIP kata Ipi, dijadwalkan akan mendapatkan pembekalan antikorupsi dari Ketua KPK, Firli Bahuri.

"Sesuai konfirmasi yang kami terima tiga Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidajat, I Made Urip, dan Mindo Sianipar beserta 11 orang pengurus PDIP Pusat lainnya akan hadir secara langsung. Sedangkan selebihnya akan mengikuti pembekalan antikorupsi secara daring," kata Ipi.

Acara Executive briefing dan pembekalan antikorupsi dalam program PCB yang diperuntukkan bagi pengurus parpol ini kata Ipi, merupakan salah satu upaya KPK untuk mendorong penguatan integritas di internal Parpol.

"Kami berharap setiap Parpol dapat mengikuti program ini sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Parpol untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik," pungkas Ipi.

PDIP sendiri sebelumnya dijadwalkan untuk menerima pembekalan antikorupsi dari KPK pada Selasa (7/6). Akan tetapi, PDIP meminta ditunda karena sedang ada acara internal. Sehingga, dijadwalkan pada esok Senin (27/6).

Sebelumnya, KPK sudah memberikan pembekalan antikorupsi kepada beberapa parpol. Yaitu kepada Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) yang dihadiri langsung oleh Ketum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana bersama sekitar 60 pengurus DPP dan DPD Jakarta di Lantai 16 Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu pagi (22/6).

Selanjutnya pada Senin (20/6), Partai Gerindra juga sudah mendapatkan pembekalan antikorupsi dari KPK. Dari pengurus DPP Partai Gerindra, yang hadir langsung adalah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani dan pengurus lainnya.

Selanjutnya Partai Demokrat pada Selasa (14/6). Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) absen dalam acara ini karena sedang berada di luar negeri. Sementara, pengurus DPP Demokrat yang hadir, di antaranya Bendahara Umum (Bendum) Renville Antonio, beberapa Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen), hingga Ketua DPP Demokrat.

Kemudian, parpol yang telah menerima pembekalan antikorupsi dari KPK adalah, Partai Bulan Bintang (PBB) pada Kamis (2/6). Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra juga absen dalam acara ini. Sementara yang hadir, yaitu Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Afriansyah Noor dan pengurus lainnya.

Lalu sebelumnya, Partai Beringin Karya (Berkarya) dijadwalkan menerima pembekalan PCB pada Selasa (31/5). Namun, Berkarya juga meminta penundaan dengan alasan sedang ada persoalan di internal partai.

Sedangkan parpol yang pertama menerima pembekalan adalah, Partai Amanat Nasional (PAN) pada Rabu (25/5). Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas hadir langsung dengan didampingi oleh puluhan pengurus PAN lainnya.[]