Hari Raya Waisak, 28 Tahanan Rutan dan Lapas Salemba Dapat Remisi

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Sebanyak 28 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat mendapat pengurangan masa tahanan atau remisi khusus Hari Raya Waisak. 


Menurut keterangan yang diterima redaksi, Kamis (27/5), 28 orang warga binaan itu terdiri dari 12 warga binaan Rutan, dan 16 warga binaan Lapas. 

Kepala Rutan Kelas I Salemba, Yohanes Varianto mengatakan, 12 warga binaan yang mendapatkan remisi adalah pemeluk agama Budha. Masa tahanan mereka dikurangi setelah melalui berbagai tahapan evaluasi. 

"Remisi diberikan kepada warga binaan yang memenuhi syarat administratif maupun substantif," kata Yohanes, Kamis. 

Yohanes berharap, pengurangan masa tahanan bisa memicu warga binaan lain di lingkungan Rutan Salemba untuk memperbaiki perilaku mereka. Dengan begitu, warga binaan lain juga berkesempatan mendapatkan remisi di waktu berbeda. 

Terpisah, Kepala Lapas Salemba Yosafat Rizanto menyebutkan, warga binaan beragama Budha di tempatnya berjumlah 32 orang. Namun yang mendapat remisi sebanyak 16 orang. 

"Hanya 16 yang dapat remisi, sedangkan 13 tidak dapat remisi karena terkait PP 99 Justice Collabolator, dan tiga lainnya masih dalam pengusulan," tutup Yosafat. []