Hore! Kemendikbud Lanjutkan Program Bantuan Kuota Belajar

Tangkap layar pengumuman kebijakan bantuan kuota belajar 2021 oleh Mendikbud/Repro
Tangkap layar pengumuman kebijakan bantuan kuota belajar 2021 oleh Mendikbud/Repro

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan program bantuan bantuan kuota belajar pada tahun 2021 ini. 


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan, kebijakan tersebut akan dilanjutkan selama tiga bulan mulai Maret 2021 ini.

"Bantuan akan disalurkan pada anggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima," ujar Nadiem dalam keterangan persnya, Senin (1/3). 

Adapun, besaran bantuan kuota belajar disesuaikan jenjang pendidikan masing-masing penerima. Untuk peserta didik PAUD, akan mendapat 7GB/bulan. 

Kemudian peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah akan mendapat 10GB/bulan. Sedangkan mahasiswa akan mendapat 15GB/bulan. 

Bantuan kuota belajar ini juga akan diberikan kepada para pendidik. Untuk pendidik PAUD, dasar dan menengah akan mendapat 12GB/bulan. Sementara dosen mendapat 15GB/bulan. 

Nadiem menjelaskan, ada perbedaan skema pada program lanjutan ini. Kuota yang akan diberikan kali ini, kata dia, dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman kecuali yang diblokir Kominfo. 

Adapun peserta didik dan pendidik yang menerima bantuan kuota adalah semua yang telah menerima bantuan kuota pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya masih aktif.

“Otomatis mereka akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021. Kecuali yang total penggunaan kuotanya kurang dari 1GB,” tegas Nadiem. []