Hore, Pembangunan Jakarta International Stadium Rampung Oktober

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara pada 16 Maret 2021/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara pada 16 Maret 2021/Ist

Memasuki pekan ke-84, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara, telah mencapai 52,5 persen.


"Kami optimistis pembangunan rampung Oktober 2021 mendatang atau paling lambat pada akhir tahun," kata Corporate Manager Communication PT Jakrpo, Melisa Sjah, Kamis (15/4).

Melisa melanjutkan, pekerjaan saat ini fokus pada segmen main truss dan konstruksi stadion.

Untuk konstruksi stadion sedang berlangsung pengerjaan bekisting plat, precast tribun, bekisting kolom pierhead, concourse, pekerjaan pengecoran balok miring, assembling rangka baja atap, ramp timur dan mockup facade sisi selatan.

Kemudian, juga sedang dilakukan pekerjaan instalasi fire fighting, pekerjaan instalasi kabel stray dan plumbing, pekerjaan instalasi ducting hvac, dan area lapangan latihan.

"Selain dibangun dengan konsep green building, JIS juga nantinya akan memiliki fungsi multi-purpose venue yang tidak hanya menggelar pertandingan sepak bola saja, melainkan juga kegiatan besar lainnya seperti eksibisi maupun konser musik," pungkas Melisa. 

Sekedar diketahui, JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan dirancang dengan kapasitas 82.000 penonton, dilengkapi atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Mekanisme buka-tutup atap otomatis ini merupakan yang pertama di Indonesia. 

Tak hanya itu, terdapat juga sky viewing deck di ketinggian 70 meter.

Beberapa stadion kenamaan dunia juga menerapkan kemampuan serupa, salah satunya Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf untuk lapangannya.

Rumput hybrid turf merupakan percampuran antara rumput alami dan sintetis. 

Stadion modern ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan yakni lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

JIS juga memiliki beberapa fasilitas tertentu seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, serta ruang ganti mewah.

Demikian halnya dengan fasilitas lainnya, seperti lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang diperuntukan bagi para pemain sepakbola dan 100 bus di lahan parkir.

Di sekitar stadion kelak akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan. []