Ini 4 Catatan Penting Gubernur BI Agar Ekonomi Halal Kian Maju

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Mata rantai ekonomi halal perlu mendapat dukungan penuh dari sejumlah pihak agar lebih kompetitif dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional maupun ekonomi umat. 


Untuk mewujudkan hal itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan empat catatan penting agar ekonomi halal kian maju.

Hal itu disampaikan saat berbicara pada pembukaan The First Indonesia International Halal Fair yang mengusung tema "Halal Products, Beyond Halal Compliance", Senin (21/6). 

Perry menjelaskan, catatan pertamanya untuk ekonomi halal berkaitan dengan sertifikasi halal itu sendiri. Menurutnya, mata rantai ekonomi halal atau halal value chain perlu mempercepat dan mengakselerasikan sertifikasi halal/ 

"Kedua membangun ekosistem halal value chain melalui integrasi antara unit usaha baik kecil, menengah, dan besar," katanya. 

Catatan ketiga, imbuh Perry, para pelaku ekonomi halal harus fokus pada pengembangan lima produk kompetitif, yaitu makanan halal, pakaian muslim, pariwisata, kosmetik dan farmasi, serta energi terbarukan. 

"Selanjutnya yang keempat, adalah produksi dan marketing yang end to end," tandasnya. 

The 1st Indonesia International Halal Fair yang dilaksanakan dari tanggal 14 s.d 27 Juni 2021 merupakan rangkaian dari Road to the 8th Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021. 

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memfasilitasi pembukaan akses pasar internasional bagi para pelaku usaha syariah di Indonesia. []