JJ Rizal Serahkan Petisi Pergantian Nama JIS jadi Stadion MH Thamrin ke Anies

Sejarawan JJ Rizal saat menyerahkan Petisi Pergantian Nama JIS kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/RMOLJakarta
Sejarawan JJ Rizal saat menyerahkan Petisi Pergantian Nama JIS kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/RMOLJakarta

Sejarawan JJ. Rizal menyerahkan langsung petisi pergantian nama Stadion Jakarta International Stadium (JIS) menjadi MH Thamrin kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota DKI Jakarta.


JJ. Rizal menyerahkan simbolis petisi yang telah ditandatangani 5.700 orang itu bertepatan di hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta ke-495, Rabu (22/6).

JJ Rizal tampak mencegat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria yang hendak menuju gedung DPRD DKI Jakarta untuk mengikuti rapat paripurna istimewa.

"Makasih ya, (petisi) belum tentu disetujui ya. Diterima dulu ya, thank you ya," ucap Anies seperti di kutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Menimpali Anies, Wagub Ariza menegaskan usulan pergantian nama stadion JIS menjadi MH Thamrin itu akan ditampung terlebih dahulu dan didalami.

"Pokoknya ditampung," kata Ariza. 

"Ditampung ya pak Anies aspirasinya," sahut JJ. Rizal. 

"Pasti ditampung, setuju atau tidak (perubahan nama) nanti pertimbangannya lain," tandas Anies. 

JJ. Rizal pun mengaku senang saat bertemu dengan Anies dan menyerahkan langsung petisi itu. 

"Ya kita senang akhirnya bisa ketemu pak Gubernur dan menyerahkan petisi dari publik, karena kami yang membuat petisi menganggap bahwa stadion yang megah, yang dibangun itu oleh pak Anies itu belum punya nama," kata Rizal. 

JJ Rizal menyebut nama MH. Thamrin cocok untuk menggantikan nama Stadion JIS di Tanjung Priok itu. 

Alasannya, semasa hidupnya MH. Thamrin merupakan pahlawan nasional dan putra daerah asli Betawi yang banyak berjasa bagi persepakbolaan Indonesia. 

"Jadi kami mengasih usulan sama pak Anies, nama yg menurut riset kamu mau yg paling cocok MH Thamrin. Kenapa Thamrin, ya karena dia bukan hanya pahlawan nasional, putra Betawi, dan dia juga pahlawan sepakbola," tutup JJ. Rizal.[]