Jokowi akan Kunjungi Rusia dan Ukraina, Rizki Sadig: Perkuat Image Politik Bebas Aktif Indonesia

Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig/Ist
Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig/Ist

Legislator PAN Ahmad Rizki Sadig mengapresiasi langkah politik luar negeri Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dipastikan akan mengunjungi Ukraina dan Rusia untuk bertemu presiden kedua negara, Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin pasca lawatan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7 pada tanggal 26-28 Juni mendatang. 


"Langkah ini adalah bentuk implementasi Undang-Undang Dasar 1945 kita dalam rangka turut menjaga perdamaian dunia," kata Rizki Sadig dalam keterangannya, Kamis (23/6).

Menurut Rizki, rencana kunjungan tersebut akan memperkuat image politik bebas aktif Indonesia yang berorientasi pada kemanusiaan dan mengedepankan perdamaian di antara kedua negara yang berkonflik. 

"Momen ini akan memberikan pesan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia menjunjung tinggi politik bebas aktif yang mendorong perdamaian kedua negara dan berorientasi pada isu kemanusiaan yang terjadi disana," kata Rizki.

"Selain itu, konflik Ukraina dan Rusia ini disinyalir telah membawa banyak masalah bagi dunia, baik krisis energi serta kelangkaan pangan yang memicu terjadinya inflasi yang membuat sejumlah negara di jurang resesi. Tentu kunjungan Jokowi ini diharapkan bisa menjadi titik temu perdamaian dan stabilitas global," tambah Rizki. 

Rizki menilai Indonesia akan berbangga apabila kunjungan ini terjadi karena Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang kunjungi Rusia dan Ukraina. 

"Kalau lawatan ini terselenggara, ini akan menjadi sejarah besar dimana presiden Indonesia akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang kunjungi Ukraina dan Rusia," kata Rizki.

Ketua DPW PAN Jatim ini memahami bahwa konflik ini situasinya sulit dan kompleks, tapi sebagai bagian dari negara G20 dan anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group bentukan Sekjen PBB, wajar jika Indonesia turut berkontrubusi dalam penyelesaian konflik kedua negara tersebut. 

Terakhir, Anggota Komisi I DPR RI ini mengimbau kepada masyarakat agar mendukung segala bentuk politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif demi mewujudkan perdamaian dunia, khususnya dalam melakukan mediasi terhadap negara-negara yang berkonflik. 

"Saya mengajak masyarakat Indonesia agar tetap mendukung segala bentuk politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif demi mewujudkan perdamaian dunia. Tidak hanya pada konflik Ukraina-Rusia, tetapi juga di titik konflik dengan isu kemanusiaan lainnya seperti yang terjadi di Palestina," tutup Rizki. []