Jokowi Ngapain Aja, Kok Baru Tahu Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak?

Presiden RI, Joko Widodo saat meninjau sodetan Kali Ciliwung/Ist
Presiden RI, Joko Widodo saat meninjau sodetan Kali Ciliwung/Ist

Klaim Presiden Joko Widodo yang menyebut proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) mangkrak selama 6 tahun, menjadi perdebatan.


Dikatakan Kepala Badan Komunikasi Strategi (Bakomstra) DPD Demokrat DKI Jakarta Taufik Rendusara, Presiden Jokowi seharusnya mengkritik dirinya sendiri jika benar proyek tersebut mangkrak.

Pasalnya, kata politisi yang karib disapa Tope itu, proyek KBT dikelola pusat di bawah Kementerian PUPR.

"For your information Pak Jokowi, BBWS Ciliwung Cisadane di bawah Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR yang bertanggung jawab atas wilayah sungai Ciliwung Cisadane, yang menjadi wilayah pusat," cuit Tope di akun Twitternya, Rabu (25/1).

Justru, Tope mempertanyakan apa saja yang dikerjakan Presiden Jokowi sampai baru tahu ada proyek mangkrak di bawah kabinetnya itu.

"Pak Jokowi selama 6 tahun belakangan ini ngapain saja kok bisa mangkrak itu kerjaan?" pungkasnya.

Saat meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) pagi ini, Presiden Jokowi menyampaikan bor besar sedang bekerja menggerus lumpur dari inlet ke arriving shaft sepanjang 590 m yang nanti akan menjadi membentuk terowongan sejauh 1,2 km dari Kali Ciliwung menuju KBT.

Kata Jokowi, dua terowongan, masing-masing berdiameter 3,5m akan mengalirkan air dari Ciliwung ke KBT dan mengurangi debit air 33-63 m3 per detik sesuai status siaga banjir Jakarta.

"Proyek ini sudah berhenti 6 tahun dan sekarang lanjut lagi, mudah-mudahan selesai pada April 2023," kata Jokowi di akun Twitternya.[]