Kader Ka'bah Jakarta Deklarasikan Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

Kader Ka'bah Jakarta mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam Pemilu 2024/RMOLJakarta
Kader Ka'bah Jakarta mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam Pemilu 2024/RMOLJakarta

Menghadapi Pilpres 2024, berbagai nama calon presiden alias Capres mulai bermunculan, bahkan sudah ada yang dideklarasikan. Kader-kader PPP sebagai sebuah kekuatan politik riil tentu saja akan ambil bagian dalam kontestasi kepemimpinan nasional tersebut.


Terbaru, Kader Ka'bah Jakarta bersikap tegas dengan mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam Pemilu 2024.

Koordinator Kader Ka'bah Jakarta, Muchbari mengatakan, sebagai partai Islam ahlussunah wal jama'ah dengan prinsip tasamuh (toleran), tawasuth (moderat), dan tawazun (seimbang), PPP menempatkan dirinya dalam menentukan pilihan Capres pada figur-figur yang menyatukan bukan memecah belah, pekerja keras dan cekatan bukan banyak berteori serta dekat dengan rakyat secara tulus, penuh empati dan rendah hati.

Faktor sejarah dan kedekatan dengan PPP juga menjadi ukuran dalam menentukan sikap kader PPP agar terbangun chemistry dalam membangun gerakan pemenangan Capres yang diusung. 

"Dengan melihat rekam jejak, faktor sejarah serta program yang ditawarkan Capres yang muncul baik dalam pemberitaan maupun survei maka Kader Ka'bah Jakarta menetapkan mendukung dan akan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Capres," kata Muchbari saat deklarasi Ganjar Pranowo Capres 2024 di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Kamis (6/10).

Muchbari menilai Ganjar merupakan pemimpin yang sangat rajin blusukan ke kampung-kampung dan desa-desa untuk melihat pembangunan di berbagai wilayah Jawa Tengah. 

"Mirip seperti kebiasaan Presiden Jokowi, Ganjar sering incognito tanpa pengawalan dan menggunakan sepeda bahkan naik angkot mengunjungi wilayah-wilayahnya," kata Muchbari.

Di sisi lain, Muchbari melanjutkan, Ganjar merupakan politikus yang dekat dengan ulama.

Bahkan istri Ganjar Pranowo adalah putri dari KH Ahmad Musodik Soeprijadi bin KH Hisyam Abdul Karim yang merupakan tokoh Nahdlatul Ulama dan kader PPP.

Sedangkan KH Hisyam A Karim merupakan pendiri Pondok Pesantren Kalijaran Purbalingga sekaligus seorang tokoh besar Nahdlatul Ulama.

Ganjar Pranowo juga dikenal sangat mengidolakan ulama sekaligus tokoh Partai PPP almarhum KH. Maimoen Zubair. 

Pada 2018 lalu Ganjar diusung PPP menjadi Gubernur Jawa Tengah berpasangan dengan H. Taj Yasin Maimoen sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023. 

Tidak hanya itu, kedekatan Ganjar dengan PPP juga terlihat dari kakak istrinya yang bernama Nurul yang merupakan anggota DPRD Jawa Tengah. 

Nurul tercatat pernah menjabat sebagai  Ketua DPC PPP Purbalingga dan sekarang  menjadi Wakil Ketua DPW PPP Jawa Tengah. []