Kader NasDem DKI Dwi Astuti Wakili Indonesia Pantau Pemilu Komunal di Kamboja

Delegasi Indonesia yang ikut berpatisipasi pada
Delegasi Indonesia yang ikut berpatisipasi pada

Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPW Partai NasDem DKI Jakarta  Dwi Astuti Wulandari terpilih menjadi salah satu delegasi Indonesia yang ikut berpatisipasi pada "International Observers for Communal Council Election in Cambodia" pada 2-5 Juni 2022.


Dwi Astuti mengatakan, kegiatan ini merupakan undangan dari National Election Committee (NEC) melalui Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Kerajaan Kamboja, Centrist Asia-Pacific Democratics International (CAPDI).

Ia menuturkan, sebagai delegasi internasional mewakili Indonesia, dirinya ikut mengawasi Pemilu Komunal di Kamboja.

"Dalam kapasitas sebagai pengamat/pengawas yang terdiri dari 110 orang meliputi 23 negara. Kami bertugas untuk ikut mengawasi keterbukaan, kebebasan, dan transparansi proses Pemilu Komunal di Kamboja," kata Dwi Astuti yang akrab disapa Ade ini dalam keterangannya, Rabu (7/6).

Dalam kegiatan tersebut, Ade bersama delegasi melakukan kunjungan ke TPS di daerah dan kunjungan kehormatan ke Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. 

Para delegasi mendapatkan penjelasan mengenai kebijakan mengontrol Covid-19, sehingga Kamboja tidak lagi menerapkan pembatasan dan warga Kamboja di luar negeri dapat kembali untuk memberikan hak suara.

"Dalam kunjungan itu, kami mencatat tingkat partisipasi pemilih lebih dari 85% dan profesionalisme serta integritas penyelenggara Pemilu," kata Ade.

Menurut Ade, Pemilu Komunal di Kamboja terselenggara dengan damai dan tanpa kekerasan. 

"Kami juga mendengar bagaimana upaya pemerintah mengontrol Covid-19 sehingga Pemilu dapat terlaksana dengan baik," kata Ade.

Melalui kegiatan ini, Ade berharap hubungan bilateral Indonesia dan Kamboja akan bertambah baik.

Ade pun mengatakan jumlah delegasi perempuan Indonesia mendominasi keterwakilan dalam Pengamat/Pengawas Internasional tersebut, sehingga dapat menunjukkan tingginya peran perempuan berpartisipasi dalam politik. 

Terakhir, Ade menekankan bahwa Partai NasDem berkomitmen untuk terus meningkatkan peran perempuan dalam politik dan kualitas Pemilu di Indonesia.

"Dari kegiatan ini tentunya menjadi komitmen untuk Partai NasDem dalam meningkatkan peran perempuan dalam politik dan kualitas Pemilu Indonesia," demikian Ade.[]