Kadishub DKI Datangi Terminal Kalideres, Pastikan Penerapan Prokes

Kadishub dan jajaran di Terminal Kalideres/Beritajakarta
Kadishub dan jajaran di Terminal Kalideres/Beritajakarta

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo melakukan kunjungan ke Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (4/5). 


Kunjungan Syafrin tersebut dilakukan dalam rangka meninjau penerapan prokes di terminal tersebut menjelang peniadaan mudik pada 6-17 Mei mendatang. 

"Ini untuk memastikan prokes diterapkan secara ketat dan baik di area Terminal Kalideres," kata Syafrin di lokasi, Selasa. 

Menurut Syafrin, Terminal Kalideres akan tetap beroperasi pada saat peniadaan mudik. Namun calon penumpang yang diizinkan hanya warga yang dikecualikan dalam aturan pemerintah. 

Di antara calon penumpang yang diizinkan bepergian adalah perjalanan nonmudik seperti perjalanan dinas, mengunjungi keluarga sakit, menniggal dunia, atau ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, jumlah penumpang masih akan terus mengalami peningkatan. Ia bahkan memprediksi puncak kesibukan di Terminal Kalideres terjadi pada 5 Mei mendatang. 

Revi menyebutkan, kapasitas bus dibatasi hingga maksimal 50 persen. Di area terminal juga sudah terdapat pemeriksaan Covid-19 yang akan dilakukan secara random kepada para penumpang 

"Jika terdapat penumpang positif COVID-19 dari hasil pemeriksaan maka penumpang tersebut tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri," ujar Revi. []