Kampung Susun Bayam Belum Siap Dihuni, Jakpro Kasih Solusi

Warga mendesak agar bisa segera menghuni kampung susun Bayam/Ist
Warga mendesak agar bisa segera menghuni kampung susun Bayam/Ist

Pembangunan Kampung Susun Bayam (KSB) yang terletak di Kawasan Olahraga Terpadu Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara sudah tuntas dan diresmikan.


PT Jakarta Propertindo alias Jakpro tengah mengupayakan agar warga eks kampung bayam dapat segera menghuni KSB. Proses administrasi tersebut meliputi berkas-berkas kepenghunian.

Termasuk kajian besaran kontribusi yang nantinya diwajibkan kepada para penghuni, sudah dan sedang dalam proses penyusunan untuk disepakati bersama sebelum warga memasuki hunian.

Jakpro pun telah memberikan alternatif hunian kepada calon penghuni sembari menunggu proses pemindahan yaitu dengan menempati rumah susun sementara di sekitaran Jakarta.

Namun calon penghuni tidak menghendaki hal tersebut dan bersikeras untuk menetap di KSB.

“Tahapan koordinasi yang perlu dilalui ini cukup panjang, sehingga kita harapkan warga bisa

menghuni Kampung Susun Bayam pada 1 Maret 2023,” ujar Syachrial Syarif, VP Corporate

Secretary Jakpro lewat keterangan tertulisnya, Selasa (22/11).

Pada masa transisi ini, Syachrial menyatakan, Jakpro akan memberlakukan kebijakan- kebijakan internal untuk menjembatani warga agar bisa bermukim di KSB. 

Namun di lain pihak, kebijakan tersebut juga tidak boleh menyalahi aturan internal sebagai badan usaha dan aturan perundangan yang berlaku.

"Untuk menengahi tuntutan calon penghuni, Jakpro akan memfasilitasi dan membuat kebijakan internal untuk masa transisi penyerahan ke Pemprov. Kebijakan ini perlu persetujuan pemegang saham, ini yang sedang kita konsultasikan dan koordinasikan,” jelasnya.

Perlu diketahui, di Kampung Susun Bayam ini terdapat 123 Kepala Keluarga Eks Warga Kampung Bayam. Kampung ini dibangun sebagai bagian dari aksi permukiman kembali warga Kampung Bayam yang terdampak atas proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Kampung Susun Bayam terdiri dari 3 blok/massa bangunan dan 4 lantai dengan total 138 unit hunian, di mana 3 unit hunian di antaranya diperuntukkan bagi difabel. Hunian tersebut terdiri dari 2 tipe dengan luas 36 meter persegi yang dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga, serta balkon dan tempat jemur pakaian.

Fasilitas penunjang yang tersedia pada Kampung Susun Bayam, yaitu unit usaha warga, koperasi dan gudang, musala dan tempat wudu, taman kanak-kanak dan perpustakaan, aula serbaguna, toilet umum, serta ramp difabel. []