Kangen Ibadah ke Masjid, Waket DMI DKI Serukan Jemaah Jangan Takut Divaksin

Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta menggelar vaksinasi di Masjid Riadhul Abidin yang berlokasi di Jalan Bangka X, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan/Ist
Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta menggelar vaksinasi di Masjid Riadhul Abidin yang berlokasi di Jalan Bangka X, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan/Ist

Masjid Riadhul Abidin yang berlokasi di Jalan Bangka X, RT 04/RW 07 Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dijadikan tempat vaksinasi Covid-19.


Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerja sama Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, dan MUI DKI Jakarta. 

"Tujuannya untuk mempercepat target vaksinasi sekaligus mengedukasi jemaah bahwa vaksinasi aman dan halal," kata Wakil Ketua DMI Jakarta Ahmad Sulhy dalam keterangannya, Senin (2/8).

Ahmad Sulhy mengatakan, vaksinasi dilakukan bagi para pengurus, jemaah, maupun warga yang berada di sekitar masjid. 

Sulhy menargetkan sebanyak 200 warga dapat divaksin melalui kegiatan tersebut.

"Insya Allah ini akan terus berjalan, seiring memang target-target pemerintah, untuk terjadinya herd immunity," kata Sulhy.

Menurut Sulhy, dengan semakin banyak warga yang divaksin, maka pandemi bisa cepat melandai.

Sulhy menuturkan, penetapan masjid sebagai lokasi vaksinasi dilakukan karena banyak kelebihan, antara lain memiliki halaman yang luas, serta sirkulasi udara yang bagus.

"Jadi, semakin banyak yang divaksin, maka semakin aman, dan tempat ibadah bisa digunakan kembali," kata Sulhy.

Sulhy menambahkan, program vaksinasi di masjid ini ditargetkan bakal diselenggarakan di semua kecamatan di Jakarta. Pelaksanaan vaksinasinya digelar tiap akhir pekan. 

Camat Mampang Prapatan Djaharuddin, mengucapkan terima kasih kepada DMI DKI, yang telah membantu dalam percepatan vaksinasi di Jakarta, utamanya di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan. 

Djaharuddin mengatakan, dengan vaksinasi maka warga bisa minimal membentuk dinding di dalam tubuhnya untuk menahan virus corona.

"Insya Allah kalau capaiannya tinggi, pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah bisa dilonggarkan," kata Djaharuddin.

Sepanjang acara vaksinasi, protokol kesehatan diberlakukan dengan ketat. Semuanya tertangani dengan baik oleh tenaga kesehatan yang bertugas. 

"Mulai dari lansia hingga usia produktif, seluruh masyarakat Jakarta berkesempatan memenuhi haknya untuk divaksinasi," demikian Djaharuddin. []


Berita Sebelumnya

Tanda-tanda Zaman

Berita Berikutnya

Harapan Karina