Kebakaran, Bencana Paling Sering Terjadi di Jakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, kebakaran merupakan bencana yang paling sering terjadi di ibukota selama 2019.


Bencana paling sering memang kebakaran,” kata Ketua Bidang Cegah Kebakaran DKI Jakarta, Vendri Jon, di Jakarta, Kamis (28/3).

Vendri juga mengatakan, penyebab kebakaran yang sering terjadi di DKI Jakarta berasal dari ledakan tabung gas skala rumah tangga.

Karena itu, pihaknya kerap melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk mencegah terjadinya kasus serupa. Kita sosialisasi ke masyarakat, paling banyak ke sekolah-sekolah agar ibu-ibu yang mengantar anaknya juga turut ikut dalam sosialisasi ini,” kata Vendri.

Data yang dihimpun dari bpbd.go.id menunjukkan selama kurun waktu tiga bulan terakhir sudah ada 121 kebakaran di lima wilayah DKI Jakarta. Kebakaran paling banyak terjadi di pemukiman warga dan usaha yang berhubungan dengan makanan.

Seperti kebakaran di Krukut,Tamansari, Jakarta Barat, yang menyebabkan 367 warga harus mengungsi dan kebakaran yang terjadi di Pasar Blok A yang menyebabkan 414 kios hangus.

Meski demikian setiap bulannya jumlah kasus kebakaran menurun. Pada Januari terdapat 51 kasus, setelah itu menurun menjadi 43 kasus di bulan Februari, dan pada bulan Maret menjadi 27 kasus.

Selain kebakaran, bencana yang kerap terjadi di DKI Jakarta adalah banjir dan pohon tumbang. Kedua bencana tersebut juga mengalami penurunan kasus setiap bulannya.(dod)