Keberangkatan Tujuh KA Jarak Jauh Pagi Dibatalkan, Ini Penyebabnya

Jalur rel antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang terdampak banjir/Net
Jalur rel antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang terdampak banjir/Net

Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia akhir-akhir ini berdampak banjir di jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan Km 53+600.


Bahkan genangan air mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA karena lapisan batu balas tergerus arus air.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya berupaya secara maksimal melakukan perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut.

"Caranya dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas," kata Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2).

PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga mempertimbangkan keselamatan para penumpang dari Jakarta dengan melakukan pembatalan pada tujuh keberangkatan KA pagi hari pada Selasa (23/2).

Tujuh keberangkatan KA pagi yang dibatalkan adalah:

Dari Stasiun Pasar Senen

1. KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) keberangkatan pukul 06.30 WIB

2. KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.50 WIB

3. KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) keberangkatan pukul 09.20 WIB

4. KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 09.30 WIB

Dari Stasiun Gambir

1. KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan pukul 06.50 WIB

2. KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.00

3. KA 10A Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 08.30

Kendati demikian, KAI berjanji agar bekerja ekstra sepanjang hari ini untuk menormalkan kembali jalur KA guna dilintasi kereta jarak jauh yang berangkat sore hari.

"Sementara untuk keberangkatan 8 KA lainnya pada sore dan malam hari dari Daop 1 Jakarta akan diinformasikan kembali dengan melihat kondisi proses perbaikan jalur rel di lokasi yang terdampak banjir," kata Eva

Selain pembatalan tujuh perjalanan KA jarak jauh, empat perjalanan KA Lokal relasi Cikarang - Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur yang rusak juga dibatalkan.

"Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen," kata Eva.

Adapun persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket KA dan kartu tanda pengenal asli calon penumpang. 

Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain. []