Kecamatan Pasar Rebo Siap Kawal dan Sukseskan Pemilu 2024

Sosialisasi dengan Tema : "Menyosong Pemilu Tahun 2024, Menakar Potensi Kecamatan Pasar Rebo dalam Menghadapi Dinamika Pemilu Tahun 2024" di Kedai Avicenna, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur/Ist
Sosialisasi dengan Tema : "Menyosong Pemilu Tahun 2024, Menakar Potensi Kecamatan Pasar Rebo dalam Menghadapi Dinamika Pemilu Tahun 2024" di Kedai Avicenna, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur/Ist

Pemerintah menyepakati pemungutan suara pemilu serentak akan digelar pada Rabu 14 Februari 2024. Meskipun tahapan pemilu baru saja dimulai namun atmosfernya sudah sangat hangat


Rumah Milenial Indonesia DKI Jakarta dan LSM Peduli Jaringan Tenaga Rakyat (PJTR) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan Tema : "Menyosong Pemilu Tahun 2024, Menakar Potensi Kecamatan Pasar Rebo dalam Menghadapi Dinamika Pemilu Tahun 2024" di Kedai Avicenna, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Hadir sebagai narasumber yaitu Mujiono selaku Camat Pasar Rebo, Aston Sinaga selaku Kanit Intelkam Polsek Pasar Rebo dan Yunus selaku Ketua FKDM Kecamatan Pasar Rebo.

Camat Pasar Rebo menyampaikan bahwa wilayah Kecamatan Pasar Rebo memiliki masyarakat yang tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan relatif normal. 

"Hal ini membuat masyarakat di Pasar Rebo memiliki pemikiran logis setiap menghadapi permasalahan yang terjadi," katanya seperti dikutip redaksi, Minggu (14/8).

Camat Pasar Rebo juga menyebut bahwa partisipasi pemilih menjadi hal yang harus didorong agar masyarakat bisa memilih di Pemilu 2024.  

"Kami memastikan bahwa masyarakat bisa terdaftar di pemilu 2024 dan juga kami harus memastikan bahwa setelah pemilu masyarakat bisa disatukan kembali," ujarnya.

Kanit Intel Polsek Pasar Rebo, Aston Sinaga selanjutnya memaparkan permasalahan penting di pemilu adalah penyebaran hoax yang masif. 

"Kami dari Kepolisian sangat mewaspadai penyebaran hoax atau berita bohong yang bisa mempengaruhi masyarakat karena hoax ini bisa memicu konflik," tegasnya.

Aston Sinaga juga menyampaikan semua unsur pemilu juga dapat menimbulkan kerawanan di Pemilu. "Kami mewaspadai baik dari Peserta Pemilu, Tim Pemenangan, Penyelenggara Pemilu dan Masyarakat yang memilih karena hal ini sangat rawan terjadi konflik".

Sementara itu, Ketua FKDM Kecamatan Pasar Rebo yang menyampaikan bahwa potensi pemilih di kecamatan Pasar Rebo sangat tinggi. "Di Kecamatan Pasar Rebo, potensi pemilihnya sangat tinggi, dari remaja hingga orang tua sangat ingin ikut pemilihan di Pemilu 2024," bebernya.

Yunus juga menyampaikan masyarakat harus diedukasi terkait pemilu 2024. "Masyarakat harus diedukasi karena saat pemilu 2019 banyak aturan pemilu yang tidak diketahui masyarakat sehingga menimbulkan konflik".

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan deklarasi yang menyatakan, "Kecamatan Pasar Rebo siap kawal, dukung dan sukseskan Pemilu tahun 2024 agar berjalan aman dan tertib sesuai Undang-Undang yang berlaku, Merdeka, Merdeka".[]