Kepatuhan Warga Sleman Bayar Pajak Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Warga Kabupaten Sleman menempati posisi tertinggi dalam kepatuhan membayar pajak, terutama bagi pribadi atau perorangan pada tahun 2020.


Demikian disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman Iskandar Widodo usai melakukan beraudiensi dengan Bupati Sleman di Kantor Bupati Sleman.

“Kepatuhan dari masyarakat Sleman, terutama orang-orang pribadi, secara nasional untuk laporannya tertinggi mencapai 88 ribu laporan SPT Tahunan,” kata Iskandar yang dikutip redaksi, Jumat (11/6).

Iskandar menambahkan bahwa target KCP Pratama Sleman tahun 2020 meningkat 20% atau sekitar Rp 2,48 triliun. 

Menurut Iskandar, pertemuan tersebut sekaligus bersilaturahmi dengan Bupati Sleman karena dirinya baru mulai 24 Mei 2021 menjabat KPP Pratama Sleman.

Ia mengakui pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap sektor pajak, namun dengan kesadaran dari masyarakat Sleman yang tinggi tetap mengalami pertumbuhan yang positif untuk penerimaan. 

“Memang ada hal tertentu untuk para wajib pajak yang terdampak, mengalami penurunan, dalam arti pertumbuhannya negatif. Namun, secara umum KCP Pratama Sleman mengalami pertumbuhan yang positif," kata Iskandar.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berterimakasih kepada warga Sleman karena telah tertib SPT Tahunan. 

Ia pun berharap dapat dapat mempertahankan raihan tersebut dan berupaya mengintensifkan penerimaan pajak di Kabupaten Sleman walaupun di tengah masa pandemi Covid-19. []