Kerumunan Dimana-mana, Mujiyono: Masyarakat Sudah Jenuh Dengan Covid-19

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono/Ist
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono/Ist

Pasar Tanah Abang yang berada di Jakarta Pusat mendadak jadi sorotan karena terjadi lonjakan pengunjung yang mengakibatkan munculnya kerumunan.


Faktanya, kerumunan tidak hanya terjadi di pasar yang mendapat julukan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara itu. 

Berdasarkan pengamatan Kantor Berita RMOLJakarta, kerumunan juga banyak terjadi di pusat perbelanjaan lainnya.  Bahkan kafe dan restoran di ibu kota pun kerap menimbulkan kerumunan. 

Menurut Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Mujiyono, ada lima faktor yang menyebabkan kerumunan di masyarakat. 

"Pertama karena masyarakat jenuh dengan suasana pandemi yang sudah lebih satu tahun," kata Mujiyono saat dikonfirmasi redaksi, Selasa (4/5). 

Selanjutnya politisi Demokrat ini membeberkan, saat ini banyak masyarakat yang tidak lagi menjadikan Covid-19 menjadi momok menakutkan.

Selain itu, pola pencegahan dan penyembuhan Covid-19 yang telah dipahami masyarakat turut membuat masyarakat menjadi lengah dengan protokol kesehatan. 

"Lalu tingkat kesembuhan yang tinggi dan program vaksinasi relatif sukses akhirnya membuat masyarakat abai," pungkasnya.[]