Ketemu di Sumedang, Ridwan Kamil Tegaskan Cinta Anies Baswedan

Ridwan Kamil dan Anies Baswedan/RMOLJabar
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan/RMOLJabar

Pertemuan antara dua kepala daerah kembali terjadi. Kali ini pertemuan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 


Pertemuan dua tokoh yang disebut sebagai kandidat potensial pada pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang itu terjadi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (11/6). 

Dalam pertemuan itu, Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil menegaskan kedekatan hubungannya dengan Anies Baswedan. Emil menyebutkan, kedekatan dan cintanya pada Anies muncul karena keduanya memiliki sejumlah kesamaan. 

"Kami datang dari satu generasi, tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kebetulan sama, ngurus daerah. Sama-sama gubernur," kata Emil dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Jumat. 

Karena memiliki sejumlah kesamaan, Emil pun menegaskan bahwa dirinya "mencintai" Anies. Kecintaan itu, sama seperti yang ia rasakan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

"50 persen (cinta) Pak Anies, 50 persen Pak Ganjar. Itulah cinta saya kepada beliau-beliau," tegas eks Wali Kota Bandung itu. 

Emil lantas menyampaikan keheranannya pada pemberitaan media yang menurutnya selalu mengaitkan dengan kontestasi politik, khususnya Pilpres 2024. 

"Saling menyapa hari ini selalu ditafsir ada hubungan dengan Pilpres 2024. Padahal sebelumnya juga sama saja. Kita WA-an. Pak Anies ulang tahun saya unggah," tandasnya. 

Apa yang dilakukannya pada Anies juga dilakukan kepada Ganjar. Emil mengaku dirinya sering bersua dengan Ganjar, dan saling memberikan apresiasi satu sama lain. 

"Saling apresiasi kan bagus daripada saling diam tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun," imbuhnya. 

Anies dan Ridwan Kamil mengawali pertemuan dengan sama-sama menunaikan salat subuh berjemaah di Masjid Agung Sumedang. Keduanya didampingi oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Sekda Herman Suryatman. 

Seusai salat subuh, Ridwan Kamil dan Anies lalu menyantap sarapan kuliner khas Sumedang, tepatnya di Rumah Makan Tahu Sumedang Palasari. []