Ketemu Lord Mayor of the City of London, Anies Bahas Target Net Zero Emission 2050

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Lord Mayor of the City of London, The Rt Hon. The Lord Mayor Vincent Keaveny (Alderman)/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Lord Mayor of the City of London, The Rt Hon. The Lord Mayor Vincent Keaveny (Alderman)/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Eropa, salah satunya bertemu dengan Lord Mayor of the City of London, The Rt Hon. The Lord Mayor Vincent Keaveny (Alderman).


Vincent Keaveny adalah Lord Mayor of the City of London yang ke-693. Lord Mayor adalah salah satu jabatan publik administratif tertua di dunia, setiap tahun dipilih melalui Common Hall, semacam Dewan Kota. Berbeda dengan Mayor of London yang dipilih langsung oleh rakyat dan memimpin area Greater London.

"Sayang sekali sahabat kami Mayor of London, Mr. Sadiq Khan, tidak bisa bergabung karena sedang ada acara lain di luar UK," tulis Anies melalui unggahan di akun Facebook-nya yang dikutip redaksi, Sabtu (14/5).

Anies menjelaskan, City of London adalah tempat di mana Kota London awalnya didirikan oleh bangsa Romawi. Kota yang hanya seluas 2,9 km², kini menjadi salah satu kota paling maju di dunia.

Menurut Anies, Lord Mayor of the City of London biasanya menjadi tuan rumah apabila ada kunjungan kepala negara atau pejabat asing. 

"Ia bertanggungjawab atas urusan bisnis dan warga di kota London. Karena pusat aktivitas industri jasa keuangan Inggris berada di London, maka Lord Mayor bisa dibilang mengurusi hampir seluruh sektor finansial yang berbasis di Inggris," kata Anies.

Dalam pertemuan yang hangat di Mansion House kemarin, Anies mengaku membahas potensi investasi internasional untuk beberapa agenda pembangunan Jakarta, khususnya dalam rangka mencapai target Net Zero Emission di 2050. []