KPK Butuh Keterangan Anies untuk Dapat Gambaran Awal dan Utuh soal Balap Mobil Listrik Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist

Keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dibutuhkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan peristiwa pidana dalam penyelidikan penyelenggara Formula E.


Hal itu disampaikan oleh Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, menanggapi adanya pengakuan dari Anies yang dipanggil oleh tim penyelidik untuk hadir dan dimintai keterangan soal Formula E pada Rabu besok (7/9).

"Dalam proses penyelidikan KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK," kata Ali seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (6/9).

Sehingga, kata Ali, siapapun jika memang keterangannya dibutuhkan, pasti akan dipanggil. Termasuk Anies Baswedan.

"Hal ini untuk melengkapi pengumpulan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidananya. Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat," jelas Ali.

Proses tersebut, lanjut Ali, sebagai sebagai salah satu langkah agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan  peristiwa pidana dimaksud.

"KPK berharap pihak-pihak agar kooperatif supaya seluruh proses berjalan secara efektif dan efisien, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku," pungkas Ali. []