Larang Ikuti Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Orang Tua Khawatir Anaknya Cuma Nongkrong-nongkrong

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Ist
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Ist

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza mengatakan, sebanyak 30 persen orang tua siswa di Jakarta mengizinkan anaknya mengikuti uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM).


Sementara sisanya masih merasa khawatir melepas anaknya mengikuti PTM yang akan berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 29 April 2021.

"Ternyata makin tinggi (jenjang) siswanya makin banyak orang tua yang belum memberikan kesempatan kepada anak-anaknya ikut sekolah tatap muka langsung," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu malam (7/4). 

Ariza membeberkan, alasan sejumlah orang tua belum mengizinkan anaknya mengikuti PTM karena khawatir putra-putrinya tidak langsung pulang ke rumah usai sekolah dan malah bermain alias 'nongkrong'. 

"Tetapi sebaliknya justru anak-anak SD lebih banyak (mendapat izin). Kenapa? Karena anak-anak SD diantar langsung orang tua, dipastikan kehadirannya, dijaga," kata Ariza.

Karenanya mantan anggota DPR RI itu mengajak para orang tua untuk berperan aktif mengawasi kegiatan dari anak-anaknya. 

"Siswa sendiri harus diberi pemahaman, jangan nongkrong, jangan main-main. Kemudian lagi yang tidak kalah penting adalah para orang tua dan kami dari tenaga pendidik," pungkasnya.[]