Larangan Mudik, ASN Harus Jadi Teladan Masyarakat

Potret Aparatur Sipil Negara (ASN)/Net
Potret Aparatur Sipil Negara (ASN)/Net

Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk mematuhi peraturan pemerintah tentang peniadaan mudik yang berlaku mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021. 


Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat dengan tidak melanggar larangan mudik. 

“ASN harus menjadi teladan yang baik untuk masyarakat. Saya ingatkan dan tegaskan, ASN untuk tidak mudik,” katanya dikutip dari laman Setkab, Selasa (4/5). 

Selain menjadi teladan, ASN juga harus bisa mempengaruhi masyarakat di sekitarnya untuk taat aturan larangan mudik. Terlebih, larangan itu dimaksudkan untuk menekan persebaran Covid-19. 

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo mengingatkan ASN Tentang adanya sanksi bagi yang kedapatan melanggar larangan mudik. Sanksi itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Masyarakat yang mengetahui ada ASN yang mudik, dapat melaporkan ke Kementerian PANRB melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Laporan dapat disampaikan melalui SMS 1708, www.lapor.go.id, atau aplikasi yang diunduh melalui Play Store atau App Store SP4N LAPOR!

Laporan tersebut dengan menyertakan nama ASN yang dilaporkan, instansi dan satuan kerja, lokasi, dan bukti dukung (jika ada). “Jika ada masyarakat yang melihat, bisa langsung melaporkan ke kami,” tuturnya. []