LBH HKTI: Tuduhan ICW Terhadap Moeldoko Soal Ivermectin Fitnah Keji

Kepala Staf Presiden Moeldoko/Net
Kepala Staf Presiden Moeldoko/Net

Lembaga Bantuan Hukum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (LBH HKTI) memprotes keras tuduhan Indonesia Corruption Watch (ICW) terhadap Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memiliki relasi dengan produsen obat Ivermectin, PT Harsen Laboratories.


Ketua LBH HKTI, Apriyansyah, mengatakan tuduhan ICW tersebut merupakan fitnah keji dan menabrak nilai-nilai kemanusiaan di tengah pendemi Covid-19.

Apriyansyah mengaku akan  membawa perkara yang menyeret nama Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI tersebut ke jalur hukum.

"LBH HKTI akan menempuh jalur hukum atas pernyataan yang tidak bertangggungjawab dari ICW," kata Apriyansyah dalam keterangannya, Jumat (23/7).

Ia mengatakan, terkait kasus adanya beberapa apotek yang kedapatan menjual Ivermectin di atas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan, bukanlah kewenangan Moeldoko.

"Karena harga di pasar tergantung ketersediaan barang dan jumlah permintaan dari masyarakat," kata Apriyansyah.

Sementara itu, Wasekjen DPP HKTI, Afifudin menyebutkan bahwa selama ini obat Ivermectin yang diberikan secara gratis oleh DPP HKTI ke berbagai daerah dalam rangka misi kemanusiaan tersebut sangat membantu dalam penanganan kasus Covid-19.

“Seperti di Jawa Tengah yaitu daerah Kabupaten Kudus, yang sempat menjadi zona hitam justru sangat terbantukan," kata Afifudin.

Afifudin menambahkan, program tersebut merupakan kegiatan kemanusiaan kerjasama antara PT. Harsen dan organisasi sayap Perempuan Tani HKTI Provinsi Jawa Tengah. []