Lima Pesan Ini akan Mengubah Lanskap Dunia

BESOK, Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) akan berakhir. Di akhir KAA, Presiden Jokowi perlu menyampaikan pesan dari Konferensi setelah sesi penyampaian berbagai pandangan oleh para pemimpin Asia dan Afrika.

Rangkuman pesan ini akan disebut sebagai Pesan Bandung atau Bandung Message.

Paling tidak ada lima pesan sebagai Pesan Bandung oleh Presiden Jokowi kepada Negara-negara Asia Afrika dan Dunia, yaitu:

Pertama, negara-negara Asia dan Afrika saat ini memasuki fase konsolidasi antar mereka dengan melakukan kerjasama diantara mereka. Dengan demikian ketertinggalan negara-negara Asia dan Afrika dengan Benua lain akan semakin dipersempit.

Kedua, negara-negara Asia dan Afrika menghendaki ke-universal-an peradaban dan PBB sehingga tidak hanya didominasi oleh negara-negara di Benua Amerika, Eropa dan Australia.

Ketiga, negara-negara Asia dan Afrika akan secara signifikan melepaskan ketergantungannya dari lembaga keuangan internasional yang tidak berhasil menngeluarkan negara-negara Asia dan Afrika dari kemiskinan. Lembaga keuangan ini adalah Bank Dunia, IMF dan ADB.

Keempat, negara-negara Asia dan Afrika akan berupaya menyelesaikan sengketa yang muncul di kawasan ini oleh mereka sendiri dengan menggunakan kearifan dan peradaban mereka.

Terakhir, negara-negara Asia dan Afrika akan bekerjasama dengan negara-negara di benua Amerika, Eropa dan Australia dalam kesetaraan dan saling menguntungkan.

Lima pesan inilah yang akan mengubah lanskap politik, ekonomi, keamanan dan busaya dunia.

Negara-negara di Asia dan Afrika tidak lagi bisa diremehkan, hanya sebagai pengikut (follower), bahkan dianggap sebagai obyek bagi negara-negara di benua Eropa, Amerika dan Australia.

Oleh Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional UI