Masih Pandemi, DPRD Imbau Masyarakat Bijak Jalani Tradisi Lebaran

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran/Ist
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran/Ist

Umat muslim di Tanah Air memiliki banyak tradisi yang biasa dilakukan saat hari raya Idul Fitri. Mulai dari mudik, takbir keliling hingga halal bihalal.


Namun di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, tradisi-tradisi tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan yang bisa menyebabkan penularan virus corona. 

Atas dasar hal tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi pun meminta masyarakat bijak dalam berkegiatan. 

"Saya berharap untuk seluruh warga khususnya di ibu kota Jakarta untuk bijak menjalani tradisi lebaran," kata Prasetio melalui akun Instagram miliknya, Rabu (12/5).

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengingatkan seluruh warga untuk patuh terhadap aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. 

Melalui Surat Edaran (SE) telah jelas mengenai larangan mudik hingga panduan penyelenggaraan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah atau tahun 2021 Masehi saat pandemi Covid 19. 

"Pada intinya setiap kegiatan yang menimbulkan kerumunan harus kita antisipasi bersama," tegas Prasetio.

Ia juga meminta masyarakat agar sebisa mungkin untuk mengurangi aktivitas di luar rumah karena berada di rumah adalah pilihan terbaik disaat pandemi seperti ini. 

"Apabila terpaksa harus keluar rumah, tolong untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," pungkas Prasetio. []