Mendorong Duet Anies-AHY di 2024, Demokrat Aktif Berkomunikasi dengan PKS-NasDem

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono/RMOLJakarta
Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono/RMOLJakarta

Sejauh ini kader Partai Demokrat menaruh harapan besar duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono bisa manggung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.


Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono membenarkan bahwa kader Demokrat di ibu kota menginginkan duet Anies-AHY terjadi pada Pilpres 2024. Menurutnya, aspirasi itu datang dari segala lapisan masyarakat di Jakarta.

"Kalau ditanya soal aspirasi masyarakat terutama DKI Jakarta, terutama kader Demokrat rata-rata berkeinginan AHY dipasangkan dengan Anies," ujar Mujiyono kepada wartawan, Selasa (20/9).

Meski demikian, Mujiyono menyebut pembentukan duet Anies-AHY merupakan wewenang koalisi. Meski belum ada kepastian, ia mengakui memang partainya intens berkomunikasi dengan NasDem dan PKS.

"Sesuai dengan arahan dari ketum (AHY) bahwa komunikasi terkait dengan koalisi masih dijalankan oleh Partai Demokrat bersama partai lain dan tiga partai yag sering berkomunikasi itu, Demokrat, PKS, NasDem," kata Mujiyono.

Karena itu, Mujiyono menyatakan akan menunggu lebih dulu pembentukan koalisi, khususnya arahan dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Nantinya jika koalisi sudah terbentuk, baru akan terlihat apakah akan mengusung Anies-AHY dalam Pilpres atau tidak.

"Keputusanya ada di Majelis Tinggi (soal koalisi). Kemudian biarkan dinamika politik berjalan. Nanti endingnya seperti apa politiknya kan masih begitu dinamis. masih begitu banyak waktu untuk terus berkomunikasi," demikian Mujiyono. []