Meski Ada Dukungan ke Anies, Pengamat: PAN dan PPP Masih Solid di KIB 

Anies Baswedan/Ist
Anies Baswedan/Ist

Kesolidan pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dipertaruhkan usai adanya simpatisan serta kader partai mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. 


Jangan sampai, karena mengusung nama yang tidak searah dengan pengurus pusat, KIB jadi berantakan. 

"PPP dan PAN yang sudah bergabung di KIB tentu sudah ada komitmen sebelumnya. Karenannya, tidak serta merta akan terpengaruh oleh gerakan yang mengusung Anies sebagai capres," kata Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Sabtu (26/11). 

Meski komitmen koalisi sejauh ini masih berjalan, Karyono tak memungkiri adanya kader partai di tingkat daerah yang lebih condong ke arah Anies. 

Apalagi, KIB sejauh ini belum mengumumkan nama calon presiden dan calon wakil presiden. 

"Meskipun, di satu sisi ada peluang untuk menaikkan posisi tawar politik. Menurut saya, PAN dan PPP tidak akan gegabah dalam membuat keputusan penting," kata Karyono. 

Seperti diketahui, dukungan bagi Anies Baswedan dibuka sepenuhnya oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Aceh. Dipastikan tak akan ada intervensi yang dilakukan partai kepada kader mereka terkait dukungan kepada Anies ini. 

"Nanti pengurus PPP sebanyak 23 kabupaten dan kota akan kita rangkul harapan-harapannya, dan akan kami sampai ke Rampinas (rapat pimpinan nasional) PPP pusat," kata Ketua DPW PPP Aceh, Amiruddin Idris, usai melantik PPP Kota Banda Aceh di Asrama Haji, Selasa (22/11) . 

Amiruddin menambahkan, pengurus DPP PPP juga tak mempersoalkan beberapa kader memberi dukungan terhadap Anies Baswedan. Karena Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), kata dia, juga belum memutuskan Calon Presiden (Capres). 

Sementara itu, Entitas PAN yang terdiri dari para pendiri, deklarator PAN, anggota DPR RI, mantan anggota DPR RI hingga simpatisan PAN mendeklarasikan diri untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu Serentak 2024. 

Bahkan, entitas PAN ini telah membentuk "Anies" atau Amanat Indonesia pada hari Kamis lalu (17/11). Amanat Indonesia ini, merupakan organisasi kerelawanan atau komunitas gerakan yang memperjuangkan Anies Baswedan sebagai Presiden RI 2024. 

“Karena kami yakin dan percaya terhadap konsepsi kepemimpinan Anies sebagaimana yang telah ditunaikan dalam satu periode pemerintahan sebagai gubernur DKI Jakarta,” ucap Koordinator Amanat Indonesia Sahrin Hamid di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (23/11). []