Moeldoko, Sosok Yang Ingin Ambil Alih Kepemimpinan AHY Dari Demokrat

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko/Net
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko/Net

Upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat dari Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyisakan tanda tanya besar. 


Pasalnya, satu dari 5 orang yang disebut sebagai dalang di balik upaya kudeta itu disinyalir merupakan orang yang berada di lingkaran satu pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

"Gerakan ini melibatkan pejabat penting pemerintahan, yang secara fungsional berada di lingkar kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo," ujar AHY saat jumpa pers, Senin (1/2). 

Namun demikian, AHY tidak menyebutkan nama orang yang dimaksud tersebut. Sehingga hal itu menimbulkan pertanyaan besar di benak publik. 

Banyaknya pertanyaan publik itu membuat Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra angkat bicara. 

Melalui keterangan tertulisnya, ia menyebut sosok yang dimaksud AHY yang berada di lingkar kekuasaan itu tak lain adalah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. 

Herzaky menyebutkan, nama Moeldoko keluar dalam pengakuan dan kesaksian sejumlah pimpinan tingkat pusat dan daerah Partai Demokrat. Dalam BAP disebutkan, para pimpinan ini dipertemukan dengan Moeldoko.

"Mereka dipertemukan langsung dengan KSP Moeldoko yang ingin mengambilalih kepemimpinan Partai Demokrat secara inkonstitusional untuk kepentingan pencapresan 2024," ujar Herzaky sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin. 

Hingga saat ini, Demokrat secara resmi telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk meminta klarifikasi berkenaan dengan adanya sosok di lingkarannya yang terlibat dalam upaya kudeta tersebut. []