NasDem: Anies Baswedan akan Deklarasikan Cawapres Bersama Partai Koalisi

Capres partai NasDem Anies Baswedan/Ist
Capres partai NasDem Anies Baswedan/Ist

Usai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024, Partai Nasdem berjanji juga akan mengumumkan nama Calon Wakil Presiden (Cawapres).


Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Nasdem, Ahmad Ali yang juga Dewan Pembina Relawan IndonesiAnies di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (2/11). 

"Iya pasti (deklarasi) dong, masa kawinnya diam-diam kan enggak ada kawin siri di sini, ini kawin resmi," kata Ahmad Ali. 

Terkait dengan nama Cawapres, Ali menyebut partainya menyerahkan putusan itu kepada Anies. "Biar Anies yang menentukan cawapresnya sendiri. Karena partai ini lahir dan dibesarkan oleh Surya Paloh bukan untuk kepentingan dirinya, tapi untuk bangsa," kata Ali. 

Disisi lain, Nasdem mengklaim ada beberapa syarat sebelum Anies menentukan pasangannya untuk maju dalam Pemilu 2024. Salah satunya, membantu proses pemenangan Anies dan Partai Nasdem. 

"Pemilih Anies saat ini Anies dan Nasdem sendiri. Ya kalau sudah Demokrat berkoalisi, PKS berkoalisi, berarti tiga partai ini pendukung Anies. Kita berharap kemudian cawapres nanti memberikan warna suara baru bagi Anies," kata Ali. 

Seperti diketahui, usai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024, Nasdem menyerahkan sepenuhnya keputusan soal Cawapres kepada Anies. 

Sebulan setelah penetapan tersebut, ribuan relawan yang tergabung dalam IndonesiAnies mendeklarasikan diri untuk siap mendukung Anies dalam Pemilu 2024. []