Olahraga Tinju Diharap Makin Bergairah setelah Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Tinju Amatir Dunia

Ketua Umum PB Pertina, Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak (paling kanan) saat berpamitan dengan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman sebelum berangkat ke Istanbul, Turki, beberapa waktu lalu/Ist
Ketua Umum PB Pertina, Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak (paling kanan) saat berpamitan dengan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman sebelum berangkat ke Istanbul, Turki, beberapa waktu lalu/Ist

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Tinju Amatir Dunia 2022 memperoleh apresiasi dari Ketua Lembaga Hukum Ikatan Alumni Universitas indonesia (Iluni UI) Muara Karta Simatupang.


Karta menilai terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah merupakan berkat kerja keras Ketua Umum PB Pertina, Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak dan jajarannya yang bisa meyakinkan The International Boxing Association (IBA).

"Ini merupakan prestasi Pak Komaruddin yang telah berhasil mengukir sejarah dunia pertinjuan amatir Indonesia," kata Karta dalam keterangannya, Sabtu (14/5).

Karta berharap dengan adanya kejuaraan tinju amatir dunia ini dapat membuat atlet tinju lebih bergairah dan bersemangat. 

"Semoga makin banyak anak muda yang menggeluti olahraga tinju," kata Karta.

"Jadi daripada generasi muda ikut tawuran, lebih baik ikut latihan tinju," sambungnya.

 Karta juga berharap petinju Indonesia bisa meraih kemenangan pada kejuaraan tinju amatir dunia tersebut.

Selain itu, Karta juga berharap Menpora Zainuddin Amali bisa menerima para atlet tinju amatir sekembalinya mereka dari muhibah.

"Karena mereka telah mengangkat serta mengukir sejarah tinju amatir di dunia," demikian Karta.

Diketahui, di bawah komando Ketua Umum PB Pertina, Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak, tinju amatir Indonesia mulai berbicara di tingkat dunia. 

Selain mengukir banyak prestasi, untuk pertama kalinya Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Kejuaraan Tinju Amatir Dunia tahun 2022. 

Penunjukan Indonesia sebagai penyelenggara Kejuaraan Tinju Amatir Dunia tahun 2022 itu setelah memenangkan bidding yang berlangsung di Istanbul, Turki beberapa waktu lalu. Bidding itu sendiri diikuti oleh 37 negara. 

Presiden IBA Umar Nazarovich Kremlev dari Rusia bahkan langsung mengucapkan selamat kepada Komarudin Simanjuntak atas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Tinju Amatir Dunia 2022. 

Bagi Pertina ini merupakan kehormatan sekaligus tantangan untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia mampu menjadi penyelenggara event tinju kelas dunia dengan sukses baik sebagai penyelenggara maupun dalam pencapaian prestasi. []