Ondel-ondel Setinggi 494 Sentimeter Bakal Meriahkan HUT Kota Jakarta

Pembuatan ondel-ondel setinggi 494 cm/lst
Pembuatan ondel-ondel setinggi 494 cm/lst

Ondel-Ondel setinggi 494 sentimeter dipamerkan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta ke-494 di Plaza Gedung Parkir Revitalisasi PKJ TIM mulai 22 Juni-30 Juni 2021.


Pameran ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kebudayaan DKI Jakarta melalui UP Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM) dengan Majelis Seniman TIM Masjid Amir Hamzah.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, pameran Ondel-Ondel setinggi 494 sentimeter ini akan digelar mulai 22 Juni-30 Juni 2021.

"Pemeran Ondel-ondel ini juga didukung oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Jakarta Sigap Senusa (JSS) ini dalam rangka merayakan HUT ke-494 Jakarta," ujarnya, Minggu (20/6).

Iwan menjelaskan, kegiatan-kegiatan pameran seperti ini perlu terus digalakkan dengan merangkul berbagai kalangan untuk menggeliatkan aktivitas seni budaya di Jakarta dan UMKM.

"Kreativitas tidak boleh mati meski di saat pandemi. Pelaku seni dan budaya harus tetap terus berkarya, bisa berkolaborasi dengan pemerintah maupun swasta," terangnya.

Iwan merinci, lima pasang Ondel-ondel yang akan dipamerkan melambangkan bahwa Pancasila harus selalu dijaga dalam kehidupan di Jakarta. Sedangkan, tinggi Ondel-ondel 494 sentimeter melambangkan usia Jakarta ke-494 tahun.

"Ondel-ondel merupakan ikon budaya Jakarta yang harus selalu dijaga marwahnya," jelas anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu. 

"Kami juga memuat filosofi HUT ke-494 Jakarta menjadi momentum kebangkitan seniman dan UMKM di Ibukota, mungkin pameran ini bukan segalanya tetapi menjadi salah satu usaha untuk membangkitkan mereka," pungkasnya.[]