PAM Jaya Pasang Pipa Air di Kamal Muara, Ketua RT 08: Alhamdulillah Bisa Hemat Biaya 

Ketua RT 08 RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Nanto/RMOLJakarta
Ketua RT 08 RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Nanto/RMOLJakarta

PAM Jaya melakukan pemasangan tahap lanjutan pipa air bersih di kawasan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Kamis (30/6). Hal ini untuk mewujudkan percepatan pelayanan air bersih di kawasan tersebut.


Warga RW 01 Kelurahan Kamal Muara merasa senang dan menyambut baik pemasangan air pipa di lingkungannya. 

Ketua RT 08 RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Nanto mengatakan, pemasangan pipa ini dapat mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga. 

"Alhamdulillah setelah dipasang pipa air dapat mengurangi beban dari masyarakat. Biasanya satu minggu kita mengeluarkan duit untuk membeli air sampai Rp70 ribu," kata Nanto, Jumat (1/7). 

Dengan pemasangan pipa tersebut, Nanto mengaku dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga dan mengalihkannya untuk kebutuhan lain, seperti membeli kebutuhan makan, dan kebutuhan anak. 

"Supaya uang yang ada dapat digunakan untuk keperluan lain," kata Nanto.

Sementara itu, salah seorang warga RT 03 RW 01, Narsih mengatakan sangat senang lingkungan tempat tinggalnya sudah dipasang  pipa air bersih. 

Sebab, selama ini ia bersama tetangga lainnya menggunakan air dengan kadar keasinan tertentu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Saya biasanya menggunakan air asin atau air dorong buat kebutuhan sehari-hari. Adanya pemasangan air bersih ini sudah lama ditunggu, rasanya senang," kata Narsih.

Seperti diektahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peletakan pipa pertama sebagai pemasangan tahap lanjutan untuk mewujudkan percepatan pelayanan air bersih di kawasan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta pada Kamis (30/6) kemarin. 

Kegiatan tasyakuran juga dilaksanakan sebagai ungkapan syukur atas air bersih yang telah mengalir di Muara Kamal 100 hari terakhir.  

Hal ini sebagai upaya Pemprov DKI Jakarta dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, yaitu air bersih secara merata, dengan melakukan pemasangan jaringan perpipaan di seluruh wilayah Kamal Muara. 

"Alhamdulillah hari ini di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, kita mensyukuri 100 Hari Pengaliran Air Minum di kawasan ini. Jadi kita ingin agar warga di Jakarta semakin banyak yang bisa mendapatkan air dari pipa. Mereka tidak harus mengambil air dari dalam tanah. Yang kedua, tidak harus membeli air dari distributor yang harganya mahal," kata Anies seperti yang dilansir melalui siaran pers PPID Jakarta. 

Anies juga mengatakan dari perhitungan PAM Jaya, saat ini warga Kamal Muara bisa melakukan penghematan yang cukup signifikan. 

Jika sebelumnya dalam satu bulan mereka harus belanja air mingguan atau harian, yang total per bulannya bisa sampai Rp 800 ribu-Rp 1 juta. Maka dibandingkan saat ini, dengan menggunakan air pipa bisa membayar hanya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu - Rp 80 ribu, tergantung jumlah kebutuhan. []