Paripurna Istimewa, Anies Beberkan Makna Jakarta Hajatan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/lst
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/lst

Kota Jakarta berulang tahun yang ke-495 pada hari ini, Rabu (22/6). Seluruh rangkaian HUT Jakarta tahun ini menggunakan jenama (branding) “Jakarta Hajatan”, kemudian diikuti dengan usia kota Jakarta.


Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,

kata hajatan memiliki makna selebrasi yang dekat dengan nuansa kehidupan masyarakat Betawi seperti resepsi atau selamatan atas sebuah pencapaian.

"Kata Hajatan tidak dapat dipisahkan dari syukuran dan kebersamaan. Jakarta Hajatan membawa pesan optimisme dan bukti dari usaha yang dilakukan Eksekutif bersama Legislatif beserta kolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat," kata Anies saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Selasa (21/6). 

Sedangkan tema yang diusung pada tahun ini adalah “Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi” yang membawa pesan optimisme sekaligus bukti nyata atas berbagai upaya yang telah, sedang dan akan terus dilakukan di Kota Jakarta.

"Pertama, semua hal yang kita kerjakan selama ini berlandaskan pada prinsip kolaborasi, kesetaraan, keadilan sosial, saling mendukung. Kedua, akselerasi, kita ingin melakukan percepatan-percepatan dalam begitu banyak hal termasuk penyelesaian berbagai program strategis," kata Anies. 

Point ketiga soal elevasi, dimana Pemprov ingin agar masyarakat dapat meningkat kualitas hidupnya sekaligus meningkatkan serta memajukan kota Jakarta bersama-sama. 

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro. 

Acara pun dihadiri para anggota DPRD DKI Jakarta dan juga SKPD serta kepala dinas terkait. Dalam acara ini, turut hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadhil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Pangkoopsud Marsda TNI Tedi Rizalihadi, dan perwakilan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.[]