Pas HUT Jakarta, JJ Rizal Bakal Serahkan Petisi Ganti Nama JIS jadi MH Thamrin ke Anies

Sejarawan JJ Rizal mendorong Stadion JIS berganti nama menjadi MH Thamrin/Ist
Sejarawan JJ Rizal mendorong Stadion JIS berganti nama menjadi MH Thamrin/Ist

Dukungan pergantian nama Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di Jakarta Utara menjadi Stadion MH Thamrin terus mengalir dari banyak pihak.


Menurut Sejarawan JJ Rizal, penamaan JIS telah melanggar UU nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan Peraturan Presiden (Perpres) 63 Tahun 2019 dimana disebutkan bangunan milik pemerintah harus berbahasa Indonesia.

"Nama yang pantas menurut kami tidak ada yang lain (adalah MH Thamrin), bukan hanya dia pahlawan nasional tapi juga dia pahlawan sepakbola tingkat Jakarta maupun tingkat Indonesia," kata JJ Rizal dalam diskusi bertema 'Kenapa M.H. Thamrin Harus Jadi Nama JIS?' yang digelar secara daring, Senin kemarin (20/6).

Sebagai bentuk dukungan, JJ Rizal mengajak masyarakat ikut mengisi petisi pergantian nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin di situs change.org.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLJakarta, hingga Rabu (22/6) pukul 07:00 WIB, petisi ini telah ditandatangani 5.758 orang dari target 7.500 tanda tangan.

Bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) kota Jakarta ke-495 yang jatuh pada hari ini, JJ Rizal bersama rekan aktivis @ChangeOrg_ID akan menyerahkan petisi secara langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota DKI Jakarta.[]