PDIP Apresiasi Reklamasi, Anies: Aneh, Oposisi Memuji

RMJakarta.Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menilai ada keanehan terkait apresiasi yang dilontarkan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi atas kebijakannya mencabut seluruh izin reklamasi Teluk Jakarta.

"Ya aneh. Kok oposisi memuji. Biasanya terus mengkritik," kata Anies kepada RMOLJakarta beberapa hari lalu.

Prasetio yang merupakan Sekretaris DPD PDIP Perjuangan memang rajin mengkritik segala kebijakan yang dikeluarkan Anies sejak berkuasa di Pemprov DKI pada 16 Oktober 2017.

Sejumlah program yang dikritik Prasetio, diantaranya Rumah DP 0 Rupiah, legalisasi becak, penataan Jalan Sudirman-Thamrin dan Pasar Tanah Abang.

Namun, dari sederet kebijakan yang ditorehkan Anies Baswedan selama satu tahun berkuasa di ibukota, hanya satu kebijakan yang memperoleh pujian Prasetio.

Kebijakan itu adalah terkait keberanian Anies menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

"Pada dasarnya kita apresiasi, namun kejelasan setelah keputusan itu cukup penting. Harus dipikirkan juga masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir," kata Prasetio saat Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Fraksi PDIP, Gedung DPRD DKI, Senin (15/10).

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan segala kegiatan soal reklamasi. Dalam keputusan itu disebutkan 13 pulau yang belum dibangun agar tidak diteruskan.(dod)