Pemprov DKI Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Senilai Rp2,1 miliar

BPBD DKI salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur/Ist
BPBD DKI salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur/Ist

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirimkan bantuan logistik dan personel gabungan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.


Sebanyak 154 personel gabungan diterjunkan terdiri dari BPBD, Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD), Satpol PP, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik), Biro Kerja Sama Daerah, dan BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta. 

“Misi kemanusiaan ini sesuai dengan arahan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk membantu meringankan penderitaan yang dirasakan oleh warga masyarakat Cianjur dan wujud kepedulian Pemprov DKI Jakarta terhadap daerah lain yang tertimpa musibah,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Adji, Selasa (22/11).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD DKI, Sabdo Kurnianto menambahkan, dalam misi kemanusiaan ini akan membawa kendaraan operasional pendukung untuk penanganan gempa bumi, yakni mobil truk (12 unit), mobil ambulans (3 unit), mobil double cabin (2 unit), bus (2 unit), dan motor trail (2 unit). 

“Setelah mendapatkan informasi gempa bumi ini, kami langsung berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menanyakan kondisi di lapangan, serta kebutuhan yang diperlukan untuk kami serahkan kepada Kabupaten Cianjur,” kata Sabdo.

Sabdo yang juga selaku Komandan Satgas Tanggap Darurat menuturkan, BPBD DKI akan menyerahkan bantuan logistik berupa 31 item barang yang bernilai Rp2,1 miliar untuk membantu penanganan gempa bumi. 

Logistik yang diberikan berupa makanan siap saji, air mineral, tenda pengungsi, velbed, kasur lipat, guling, bantal, selimut, terpal, matras, ember, gayung, kipas angin, masker medis, hygiene kit, sarung, mukenah, tali tambang goni, karung, sekop, cangkul, cangkrang, paket perlengkapan keluarga, paket perlengkapan balita, dan paket sandang. 

“Pemprov DKI bergerak cepat untuk membantu penanganan musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur sebagai wujud kepedulian dan solidaritas terhadap sesama anak bangsa yang membutuhkan bantuan,” ujar Sabdo.

Seperti diketahui, musibah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di 10 km barat daya Cianjur, pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB, dengan episenter gempa terjadi di darat pada kedalaman 10 km.[]