Pemuda LIRA Ingatkan Negara Tak Boleh Lalai Terhadap Warga Penyandang Disabilitas

Peresmian Koperasi PPDI Kota Depok dan Aplikasi Sahabat Disabilitas di DPC PPDI Kota Depok/Repro
Peresmian Koperasi PPDI Kota Depok dan Aplikasi Sahabat Disabilitas di DPC PPDI Kota Depok/Repro

Pemerintah harus memenuhi hak dasar penyandang disabilitas karena mereka juga mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai warga negara.


"Negara tidak boleh lalai terhadap warga penyandang disabilitas, apalagi sekarang sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," kata Sekjen DPP Pemuda LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Zaldi Sonata melalui siaran pers, Kamis (8/4).

Secara khusus, Zaldi Sonata mengapresiasi berdirinya Koperasi PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kota Depok, Jawa Barat dan aplikasi e-Commerce Sahabat Disabilitas Apk.

Zaldi Sonata menilai, pendirian Koperasi PPDI dan Sahabat Disabilitas Apk merupakan terobosan yang inovatif dalam menjawab tantangan zaman.

"Semua warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama dalam seluruh sendi-sendi kehidupan, apalagi ini menyangkut masalah ekonomi banyak orang," kata Zaldi Sonata.

Zaldi Sonata mengharapkan, dengan berdirinya Koperasi PPDI dan Sahabat Disabilitas Apk, seluruh anggota PPDI akan memiliki kekuatan dan kemandirian ekonomi.

"Karena prinsipnya koperasi adalah kemandirian seperti yang dicita-citakan Bung Hatta," kata Zaldi Sonata.

Hal senada disampaikan Bendahara Umum Pemuda LIRA Faisal Nasution. Ia menekankan, berdirinya Koperasi  PPID serta aplikasi e-Commerce Sahabat Disabilitas Apk bisa menjadi contoh bagi kota-kota lainnya.

Ia juga mengimbau Wali Kota Depok agar melakukan pembinaan terhadap Koperasi PPID Kota Depok agar  negara terlihat hadir di tengah-tengah warga penyandang disabilitas.  

Dalam peresmian Koperasi PPDI dan Aplikasi Sahabat Disabilitas di DPC PPDI Kota Depok juga turut dihadiri Dewan Pembina Pemuda LIRA H Imam Boogie Yudhaswara.[]