Pencarian Sriwijaya Air Hari Ini Libatkan 2.123 Personel Dan 100 Kapal

Tim Basarnas kumpulkan serpihan Sriwijaya Air di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara/RMOL
Tim Basarnas kumpulkan serpihan Sriwijaya Air di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara/RMOL

Pencarian badan dan penumpang pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu melibatkan sejumlah unsur dari Basarnas, TNI, Polri, Kementerian Perhubungan hingga KNKT. 


Direktur Opeasional Basarnas, Brigjend Razman menjelaskan, jumlah personel gabungan dalam pencarian tersebut mencapai 2.123 orang. 

"Jumlah orang untuk mendaftarkan diri dalam misi kemanusiaan ini seluruhnya 2.123 orang yang meliputi awak kapal, pesawat, penyelam dan macam-macam. Itu yang terlibat dalam pencarian hari ini," ujar Razman, dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (10/1). 

Selain personel, tim gabungan itu juga dibekali dengan total 100 kapal. Razman menyebutkan, TNI dan Polri mengerahkan sebanyak 50 armada laut ukuran besar dan 50 perahu karet. 

"Jumlah keseluruhannya 100. Sebagian besar masih berada di lokasi pencarian dan pertolongan," jelas Razman. 

Tak hanya itu, bantuan fasilitas juga datang dari TNI Angkatan Udara, Polairud, Basarnas dan perusahaan yang memiliki sarana udara dengan menerjunkan helikopter.

Dalam operasi hari ini, kata Razman, dibagi menjadi empat sektor. Sektor A hingga D dibagi berdasarkan kapal yang mendaftarkan diri atau ikut terlibat.

“Dalam satu sektor kurang lebih arealnya 2 sampai 3 mil. Itu kurang lebih sangat efektif untuk mendapatkan hasil seperti yang dilihat bersama,” tandasnya. []