Pengamat Politik: Gerakan Nusantara di GBK Murni Relawan Politik Bukan Relawan Partai Politik 

Acara Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Sabtu (26/11)/Net
Acara Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Sabtu (26/11)/Net

Acara Gerakan Nusantara Bersatu yang dihadiri oleh ribuan relawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Sabtu (26/11) tidak melibatkan unsur partai politik. 


Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago melihat warga yang datang ke GBK kemarin merupakan relawan politik bukan relawan partai politik. 

"Soal Nusantara Bersatu ini kan deklarasi oleh para relawan Jokowi dengan tidak munculnya kelompok-kelompok yang berasal dari suatu parpol. Ini menunjukkan bahwa ada adu kekuatan antara relawan politik dengan relawan parpol," kata Arifki kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (28/11). 

Padahal, lanjut Arifki, Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan dan biasanya setiap acara politik ada unsur partai yang hadir. 

Sebaliknya, Arifki menilai, justru bila ada partai politik yang hadir dalam acara tersebut bakal membuat rugi partai tersebut. 

"Tapi dalam konteks hari ini adalah tentu arahnya lebih kepada namanya relawan politik yang mendukung pak Jokowi dia punya pilihan politik sendiri di Pilpres 2024. Tentu PDIP akan rugi menjadi bagian disana karena kepentingan PDIP berbeda di 2024," kata Arifki. []