Penghuni Rusunawa Kapuk Muara Bakal Ditertibkan

RMOL. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mengevaluasi penggunaan rusun sederhana sewa (rusunawa) Kapuk Muara, Jakarta Utara, lantaran banyak penerima rusun yang salah sasaran


Kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI, Ika Lestari Aji, seharusnya rusunawa Kapuk Muara diperuntukan bagi korban kebakaran. "Itu kan terjadi sudah sejak lama. Memang untuk korban kebakaran, kalau enggak salah," ‎ujarnya, Minggu (14/6).

Adapun langkah yang akan dilakukan Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI untuk menyelesaikan masalah ini, yakni membenahi administrasi dan mengevaluasi penghuni rusunawa Kapuk Muara.

"Targetnya sehabis Lebaran ini pembenahan administrasi bisa selesai. Karena rusun ini memang untuk warga korban kebakaran Kapuk," jelasnya.

Dugaan penyimpangan tersebut muncul, setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan perangkat daerah terkait mengadakan operasi bina penduduk (biduk) di rusunawa Kapuk Muara.

Saat biduk berlangsung, petugas kaget, lantaran banyak penghuni rusun yang bukanlah korban kebakaran dan korban penertiban kolong tol Pengjaringan-Pejagalan yang digusur 2004 silam.

Bahkan, beberapa penghuni mengaku, unit rusun tersebut dibelinya, bukan disewa. Selain itu, banyak pula mobil pribadi dan mewah yang terparkir di halaman rusun. [jpn/tah]