Pilihlah Partai Pengusung Anies

Anies Baswedan/Ist
Anies Baswedan/Ist

LU tau, ada upaya jegal Anies Baswedan. Gimana caranya Anies tidak dapat tiket nyapres. Segala strategi dan daya upaya dilakukan. Lu harus catat ini. Ada sejumlah partai yang ikut terlibat jegal Anies.

Jangan paradoks. Lu dukung Anies, tapi pilih partai yang jegal Anies. Ini sikap kagak konsisten. Lu bukan politikus. Mesti berpikir tegak lurus.

Ajak semua jadi teman. Dorong partai-partai itu untuk dukung Anies. Tapi, lu mesti ngerti, ada partai-partai yang terlibat untuk gagalkan Anies. Konstituen mereka dukung Anies, tapi partainya berupaya jegal Anies. Terhadap partai seperti ini, lu mesti paham. Lu mesti ambil sikap tegas. 

Lu yang ingin Anies jadi presiden. Lu yang ingin Indonesia ada perubahan. Lu yang ingin Indonesia punya masa depan dengan pilih Anies. Lu harus berterima kasih kepada partai-partai yang usung Anies. Partai-partai yang siapin tiket buat Anies. Tanpa partai-partai itu, Anies kagak bisa nyapres.

Betapa berat apa yang dialami oleh partai-partai itu. Bujuk rayu, intimidasi sampai tawaran dua menteri, ini semua gara-gara dukung Anies. Ada pula kader yang mundur gegara deklarasi Anies. Berat banget bro. Jika lu dukung Anies, mestinya ada rasa empati dan senasib sepenanggungan dengan mereka. Partai-partai yang ambil risiko besar usung Anies.

Beri tiket Anies, itu besar sekali risikonya. Kagak mudah bro. Sebagai pendukung Anies, lu mesti support mereka. Caranya? Lu dukung mereka. Lu pilih mereka. Lu menangkan mereka. Ini baru konsisten. 

Anies dan partai pendukung itu satu paket. Dukungan lu mesti juga satu paket. Begitulah kalau berpikir lurus.

Misal nih, jika Nasdem, Demokrat dan PKS tanggal 10 November ini konfirmasi deklarasi untuk usung Anies, lu para pendukung mesti punya tanggung jawab menangkan tiga partai itu. Lu mesti hargai dan apresiasi kerja keras mereka, dan risiko yang telah mereka ambil. 

Nasdem dibully habis setelah deklarasi Anies. Menteri-menterinya mau dicopot. PKS isunya dibujuk dengan dua menteri, nolak. Demokrat, ketua umumnya mau dikudeta. Partainya mau diambil. Jika mereka konsisten usung Anies, lu para pendukung Anies sepantasnya dukung dan menangkan mereka. Itu namanya saling support.

Di pihak sebelah, ada sejumlah partai yang hampir semua pemilihnya menginginkan Anies presiden, tapi dikhianati. Lu, apa akan memberi suara buat partai-partai ini? Buat partai-partai yang khianati pemilihnya sendiri. Mikir bro....mikir....

Politik memang dinamis. Semua orang juga tahu bro. Tapi, perubahan bangsa ini kagak bisa ditawar-tawar bro. Dan partai-partai pengusung Anies itu berada satu gerbong dengan kita untuk menatap perubahan itu bro. Mesti ada kerjasama dan jalin kekompakan.

Jika partai-partai pengusung Anies itu masing-masing punya suara di atas 10 persen, maka posisi Anies sebagai presiden juga akan semakin kuat dengan dukungan mereka. Mereka akan konsisten kawal Anies hingga 2034, karena sudah merasakan manfaatnya secara nyata. 

Mari bangun kolaborasi dengan partai-partai pengusung Anies. Kerja lebih keras lagi, lebih sistemik lagi dan kampanye lebih masif dan terukur lagi untuk menangkan Anies. Fokus bagaimana Anies sukses untuk menjadi presiden. Siap hadapi semua rintangan dan hambatan.[]

Penulis adalah pemerhati sosial politik