Pj Gubernur DKI di Tangan Jokowi, Ariza: Pasti yang Terbaik

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria/lst
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria/lst

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membocorkan setidaknya ada enam nama kandidat penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang bakal diajukan ke Presiden Joko Widodo.


Mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) ini juga meminta DPRD DKI Jakarta untuk mengusulkan tiga nama calon pengganti Anies Baswedan.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza menyerahkan usulan ini sepenuhnya kepada Kemendagri dan dewan yang bermarkas di Kebon Sirih itu.

"Terkait nama yang menjadi Pj itu menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui Kemendagri ya. Nama-nama itu diusulkan oleh Kemendagri dan teman-teman dari DPRD, 3 dari Kemendagri, 3 dari DPRD," kata Ariza di Balaikota DKI Jakarta, Senin (5/9).

Menurut mantan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra itu, keputusan memilih penjabat Gubernur ada di tangan Presiden Jokowi. Ariza menyakini, siapapun yang bakal ditunjuk merupakan pilihan terbaik.

"Sepenuhnya menjadi kewenangan dari bapak Presiden (Jokowi), kita tunggu saja. Siapapun nanti yang ditunjuk bapak presiden, pasti itu lah yang terbaik," pungkasnya.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria akan berakhir tahun ini. Tepatnya tanggal 16 Oktober mendatang.

Selanjutnya, akan ditujuk penjabat kepala daerah yang bakal mengisi kursi kosong DKI 1 hingga digelarnya pilkada serentak pada tahun 2024.[]